Merak (ANTARA News) - Arus balik Lebaran di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H+6 atau Sabtu (1/7)  lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi maupun penumpang pejalan kaki.

Meski ramai, ribuan kendaraan dan pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung tampak turun dengan lancar di Merak.

Para pemudik arus balik yang menggunakan kendaraan dan penumpang pejalan kaki bisa langsung menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

Penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung normal dan berjalan lancar.

Kebanyakan para penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi bertujuan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Kemungkinan puncak arus balik terjadi malam ini hingga H+7 Minggu (2/7) mengingat pegawai atau karyawan instansi pemerintah dan swasta sudah mulai masuk kerja pada Senin (3/6), dan kini pemudik masih mengalir dari Pulau Sumatra menuju Pelabuhan Merak.

"Semua penumpang arus balik terlayani dengan mengoperasikan 36 kapal Ro-Ro," kata Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama di Merak.

Saat ini, petugas pengatur lalu lintas bekerja keras untuk kelancaran kendaraan di enam dermaga, sehingga tidak terjadi antrean panjang kendaraan.

Seluruh kendaraan maupun penumpang yang turun di Pelabuhan Merak kembali melanjutkan perjalanannya.

"Kami mengimbau pemudik arus balik tidak beristirahat di Merak guna memperlancar arus lalu lintas," katanya.

Sejumlah pengemudi kendaraan pribadi mengatakan bahwa selama ini arus balik berjalan lancar mulai dari Pulau Sumatra hingga Pelabuhan Merak.

"Kami mengapresiasi kinerja ASDP cukup baik dibandingkan tahun lalu," kata Adnan (40) seorang pemudik arus balik saat istirahat di Posko Kesehatan Pelabuhan Merak.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017