Purwakarta (ANTARA News) - Arus lalu lintas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta padat, sehingga Polres Subang, Jawa Barat pengalihan sebagian kendaraan pemudik balik ke Jalur Pantura dan Jalur Tengah, Sabtu.

"Pengalihan arus ini merupakan cara bertindak dalam mengurai kepadatan di jalan Tol Cipali selama arus balik Lebaran," kata Kapolres setempat Subang AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, saat dihubungi dari Purwakarta.

Dalam pengalihan arus itu, petugas gabungan mengalihkan kendaraan yang melaju dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Pengalihan dilakukan dengan mengarahkan pengendara keluar gerbang Tol Cilameri, Pagaden.

Setelah keluar gerbang tol itu, pemudik yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya bisa melintasi Jalur Pantura atau Jalur Tengah.

"Kendaraan yang dialihkan keluar gerbang Tol Cilameri itu kami larang melintasi perempatan Wesel Subang, sebab dikhawatirkan akan terjadi penumpukan kendaraan di titik itu," katanya.

Titik perempatan Wesel Subang dikhawatirkan terjadi penumpukan kendaraan karena bisa terjadi pertemuan arus antara kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cilameri Pagaden, dengan kendaraan dari arah Bandung serta kendaraan dari arah Cijelang-Cibogo.

Dalam pengalihan itu, petugas beberapa kali menyampaikan imbauan kalau kondisi jalan Tol Jakarta-Cikampek padat.

Sehingga disampaikan agar pengendara keluar gerbang Tol Cipali di Subang, untuk kemudian melanjutkan perjalanan melintasi jalur tengah atau pantura.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017