Jakarta (ANTARA News) - Operator Jalan Tol Cikampek-Palimanan. Jawa Barat, akan mengoptimalkan gardu pembayaran arah Jakarta pada H+6 Lebaran 2017, Minggu, untuk memperlancar arus balik.

"Kami mengoperasikan 18 gardu untuk arah Jakarta, dan tujuh gardu untuk arah Cirebon," kata Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis di Jakarta.

Firdaus mengatakan optimalisasi gardu itu dilakukan sejak H+3 Lebaran atau pada Kamis (29/6) di Gerbang Tol Palimanan Utama agar perjalanan arus balik masyarakat melalui Jalan Tol Cipali tidak terhambat.

"Sejak meningkatnya tren arus balik mulai dari 29 Juni 2017 (H+3), kami mengoptimalkan gardu sampai dengan kapasitas maksimal yang dioperasikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan di lapangan," ujarnya.

Ia memastikan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pengguna Jalan Tol Cipali dan menjaga kelancaran lalu lintas, LMS melakukan berbagai langkah antisipasi yang bersifat situasional.

Salah satunya, kata Firdaus, seperti yang dilakukan pada Minggu pagi dengan memberlakukan kembali contra flow di kilometer 104 hingga kilometer 100 selama waktu yang diperlukan.

"Langkah ini dilakukan LMS bersama para pemangku kepentingan lainnya dibawah koordinasi Kakorlantas Polri untuk membantu mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas di tol Cipali," katanya.

Firdaus menghimbau kepada para pengemudi yang akan melakukan perjalanan balik arah Jakarta untuk terlebih dahulu mengisi bahan bakar dan memeriksa kondisi kendaraan.

LMS juga meminta pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas dengan tidak parkir di bahu jalan serta tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah penuh.

Guna meningkatkan pelayanan, LMS kembali memberikan diskon 10 persen untuk semua golongan kendaraan yang menggunakan kartu uang elektronik (e-payment) selama arus balik.

Hingga saat ini, penggunaan kartu uang elektronik ini telah meningkatkan efisiensi transaksi di jalan tol dan memperlancar arus lalu lintas.

"Jumlah penetrasi kartu uang elektronik di tol Cipali hingga hari ini mencapai lebih dari 20 persen dari total transaksi," ujar Firdaus.

Sebelumnya, LMS mencatat total kendaraan yang melintas di Jalan Tol Cipali khususnya Gerbang Tol Palimanan Utama hingga Minggu pagi pukul 06.00 WIB telah mencapai 75.500 unit.

Jumlah tersebut sedikit mengalami penurunan dibandingkan kendaraan yang melintas pada H+5 Lebaran, Sabtu (1/7), pada periode yang sama, yaitu 83.895 unit.

Jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Palimanan Utama arah Cirebon tercatat mencapai 14.806 unit. Sedangkan kendaraan yang mengarah Jakarta sebanyak 60.694 unit.

Pada Sabtu (1/7), sebanyak 18.372 unit kendaraan tercatat menuju arah Cirebon dan 65.523 unit kendaraan mengarah Jakarta.


Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017