Sembilan tips agar tubuh fit usai mudik

Minggu, 2 Juli 2017 16:44 WIB
0 Views
Sembilan tips agar tubuh fit usai mudik
Pemudik sepeda motor melintas di jalan Lingkar Tanjungpura Karawang, Jumat (30/6/2017). Dishub Jabar mencatat arus balik kendaraan roda dua di jalur utara, tengah, dan selatan pada Lebaran 2017 sejak Senin (26/6) hingga Kamis (29/6) mencapai 428.855 sepeda motor. (ANTARA News/Imam Santoso)
Jakarta (ANTARA News) - Sebentar lagi libur Lebaran usai, orang-orang yang mudik mulai kembali pulang ke rumah masing-masing. Tak sedikit di antaranya yang harus menembus kemacetan selama berjam-jam. 
Bagaimana caranya agar tubuh tetap fit usai mudik Lebaran? Berikut adalah tips agar besok Anda siap beraktivitas secara optimal.

1. Istirahat cukup, setidaknya tidur minimal tujuh jam sehari. 
Bila pola tidur sudah diatur hingga kembali normal, Anda tidak akan kesiangan pada hari pertama bekerja. Terburu-buru pada hari pertama beraktivitas bisa berdampak buruk suasana hati.

2. Mengontrol makanan. 
Kerap kali hawa nafsu untuk menyantap segala jenis makanan tak bisa dibendung setelah bulan puasa berakhir. 
dr Ngabila Salama, MKM dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur mengingatkan untuk menghindari konsumsi karbohidrat dan gula dalam jumlah berlebihan. Makanan ideal adalah yang seimbang antara karbohidrat, lemak, protein, buah, sayur, dan susu.

"Jika sudah banyak konsumsi kue lebaran atau yang manis-manis, kurangi porsi karbohidrat (nasi) yang biasa dikonsumsi," kata Ngabila pada ANTARA News.

Bila tenggorokan mulai terasa tidak enak atau batuk pilek, kurangi konsumsi es, camilan mengandung vetsin atau garam, gorengan, serta makanan atau minuman yang terlalu manis.

Sementara itu, jika perut terasa perih, mual, atau pun mulas, kurangi makanan dan minuman yang asam, pedas, kopi, teh, soda atau makanan minuman lain yang membuat tambah mual.

Jangan lupa minum obat mual yang biasa dikonsumsi sebagai tatalaksana awal atau konsultasikan ke dokter.

3. Minum air putih minimal 2,5-3 liter per hari.

4. Jika ada nyeri pada sendi, segera konsultasi ke dokter. Nyeri sendi bisa jadi pertanda adanya kelainan sendi seperti pengapuran, osteoartritis, atau asam urat (gout).

Pengapuran banyak terjadi di tulang belakang, sementara osteoartritis sering terjadi di sendi besar seperti lutut, bahu, tulang ekor.

Sedangkan asam urat banyak terjadi di sendi kecil seperti jari tangan terutama ibu jari.

Ngabila menjelaskan asam urat tinggi dapat disebabkan konsumsi makanan seperti bayam, kangkung, daun singkong, melinjo, nangka, durian, jeroan, otak dan lemak. 

5. Olahraga teratur minimal 30 menit dalam 1 hari untuk membuat badan bugar usai mudik. Tidak perlu memaksakan diri untuk olahraga berat yang membuat tubuh jadi terlalu letih, misalnya memanjat gunung.  Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, berenang dan bersepeda. Bagi penderita nyeri lutut, hindari jogging.

6. Pulang mudik setidaknya H-1 sebelum masuk kerja.
dr Satyanaya Widyaningrum dari RS Jakarta Medical Center menyarankan ini agar pemudik punya waktu cukup untuk istirahat.

Waktu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membereskan rumah yang terbengkalai saat ditinggal mudik atau mempersiapkan oleh-oleh yang akan diberikan kepada para kolega di kantor.

7. Kumpulkan niat dan pikiran positif untuk kembali beraktivitas seperti biasa.
"Jangan langsung berpikir capek kerja," katanya.

8. Bila dibutuhkan, manjakan diri sebelum kembali beraktivitas. Anda bisa pergi ke salon atau tempat pijat untuk mengusir pegal dan membuat tubuh terasa lebih bugar.

9. Minum vitamin dan susu 

Editor: Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...