Jakarta (ANTARA News) - Pada Ramadhan 2018, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggalakkan program yang menyasar masyarakat pra sejahtera di tepian negeri Indonesia serta korban krisis kemanusiaan di negara konflik. 

Rini Maryani selaku Vice President ACT mengatakan, program ini fokus pada kebutuhan pangan para penerima manfaat selama Ramadan dan Idul Fitri.

“Di dalam negeri, kita memiliki program Humanity Food Truck (HFT), truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Insya Allah, Ramadhan nanti Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat. HFT akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra-sejahtera," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu. 

Selain Humanity Food Truck dan Food Van, ACT juga menggagas Kapal Ramadan. Kapal ini akan melakukan pelayaran selama bulan Ramadan nanti dan diharapkan dapat menjangkau tepian negeri dari barat hingga timur Indonesia.

“Momentum Ramadan ini, Insya Allah Kapal Ramadhan akan merangkul mereka yang berada di tepian negeri, mengantarkan paket pangan, berbagi kebaikan, menikmati santap berbuka puasa bersama,” ujar Rini.

Sementara itu, ACT juga berencana menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadan bagi masyarakat yang terkena dampak krisis kemanusiaan. 

ACT rencananya akan mengunjungi delapan negara antara lain Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya). 

“Bulan Ramadan nanti, kami akan beriktiar untuk meluaskan kebaikan dan kebahagiaan kepada sesama. Untuk itu, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk Bersama Beri Ramadhan terbaik, baik melalui program Ramadhan kami maupun program reguler lainnya seperti wakaf, zakat, kurban, dan sedekah,” pungkas Rini.

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018