Klinik kesehatan beri layanan gratis sambut Ramadhan

Sabtu, 12 Mei 2018 16:56 WIB
Klinik kesehatan beri layanan gratis sambut Ramadhan
Arsip: Perawat Klinik Besamo, Susani (kanan) memeriksa kondisi kesehatan warga Suku Anak Dalam (SAD) Batin Sembilan di sudung atau tempat tinggalnya saat melakukan layanan kesehatan keliling di sekitar kawasan konsesi Hutan Harapan PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI), Desa Bungku, Bajubang, Batanghari, Jambi, Rabu (9/5/2018). Pemberian layanan kesehatan keliling gratis ke sudung-sudung warga yang diprioritaskan untuk warga SAD seminggu sekali tersebut dilakukan untuk melengkapi layanan kesehatan dasar dari pengelola Hutan Harapan di Klinik Besamo yang merupakan klinik layanan kesehatan gratis di kawasan itu. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Padang (ANTARA News) - Salah satu klinik di Kota Padang, Sumatera Barat memberikan layanan gratis kepada masyarakat setempat untuk menyambut datangnya Ramdhan 1439 Hijriah.

"Pelayanan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tetap menjaga kesehatan secara berkala dengan olahraga dan pola hidup sehat, meski sedang menjalankan ibadah puasa," kata pemilik klinik dr Nur Afranin di Padang, Sabtu.

Pelayanan yang diberikan Klinik Nomor Satu yang berlokasi di Jalan Raya Bypass KM 10 Simpang Taruko, Padang itu diantaranya edukasi diet gizi seimbang dan aktivitas fisik. Kemudian deteksi dini hipertensi dan diabetes melitus, deteksi dini gangguan tumbuh kembang anak.

Lalu deteksi dini gangguan kesehatan gigi dan mulut, deteksi dini pembesaran prostat dan edukasi vaksinasi untuk anak dan dewasa.

"Kami targetkan pelayanan kesehatan gratis ini untuk seratus orang," kata dia.

Program itu dimulai dengan kegiatan senam bersama dan dilanjutkan dengan pemberian layanan kesehatan mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Pelayanan deteksi dini berguna untuk membuka wawasan masyarakat tentang kondisi kesehatan mereka dan membuat masyarakat paham apa yang harus mereka lakukan untuk tetap sehat.

"Kami juga memberikan pelayanan pemeriksaan sebelum melahirkan dan pascamelahirkan, sedangkan pelayanan melahirkan kami bekerjasama dengan bidan jaringan yang ada di sekitar lingkungan ini," kata dia.

Nur Afrainin mengatakan program pelayanan kesehatan gratis ini rutin dilakukan sejak klinik ini berdiri pada 2015. Sebelumnya pihak klinik yang datang mengunjungi rumah masyarakat sekitar dan memberikan pelayanan kesehatan gratis.

"Pada tahun ini semua kita kumpulkan di sini dan masyarakat mendapatkan pengetahuan dan pelayanan kesehatan gratis di klinik ini," kata dia.

Salah seorang masyarakat yang mendapatkan pelayanan Azizah (39) menyebutkan informasi yang diberikan oleh klinik sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Ia berharap kegiatan seperti itu makin sering digelar agar pemahaman masyarakat terhadap kesehatan bisa meningkat.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2018

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.281 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.933 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 7.016 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.833 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.706 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
PT Jasa Marga Tbk mencatat ada sebanyak 109.165 kendaraan dari kawasan Jakarta melintasi pintu masuk gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, menuju arah Timur pada enam hari ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...