Jalur Kalimalang fokus utama lintasan mudik lintas Bekasi

Minggu, 3 Juni 2018 16:06 WIB
Jalur Kalimalang fokus utama lintasan mudik lintas Bekasi
Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) bersama 30 komunitas sepeda motor menggelar aksi simpatik Mudik Selamat untuk keselamatan jalan menjelang mudik Lebaran 2018 di perempatan Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu (19/5). (ANTARA News/HO)
Bekasi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memfokuskan penanganan arus lalu lintas mudik Lebaran 2018 di Jalan KH Noer Alie Kalimalang menyusul adanya sejumlah potensi kemacetan.

"Dari empat koridor mudik di Kota Bekasi, jalur Kalimalang memang menjadi fokus perhatian utama petugas di lapangan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi, Yayan Yuliana, di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, selain dikarenakan adanya aktivitas pembangunan infrastruktur lanjutan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), koridor ini juga merupakan favorit pemudik bersepeda motor yang melintas dari Jakarta menuju Pantura.

Berdasarkan pemetaan awal, kata dia, ada tiga titik yang dikhawatirkan akan menjadi pusat kepadatan kendaraan di koridor Kalimalang, yakni simpang Sumber Arta yang merupakan perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta Timur serta simpang Caman juga Galaxy yang masih ada pekerjaan tiang tol Becakayu.

"Selepas ruas Kamala Lagoon, baru lepas hambatan dan tidak ada kendala hingga ke perbatasan dengan Kabupaten Bekasi melalui Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar," katanya.

Dalam situasi arus mudik yang dikategorikan normal, kata Yayan, pergerakan kendaraan berlangsung sama seperti hari-hari biasa, yakni pada beberapa ruas bisa dilintasi dua jalur dan sebagian ruas memanfaatkan jalur sisi Kalimalang.

Akan tetapi dalam kondisi kepadatan kendaraan tinggi, Dishub Kota Bekasi tidak menutup kemungkinan diberlakukannya kebijakan lawan arus atau buka tutup.

"Yang pasti, fokus utama kami memastikan arus mudik bisa lancar. Kekuatan personel akan difokuskan di koridor Kalimalang karena butuh pengamanan ekstra," katanya menambahkan.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2018

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 21.999 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.661 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 6.693 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.532 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.441 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...