Ramadhan berbagi Taspen sebar 25.000 paket sembako

Senin, 4 Juni 2018 23:54 WIB
Ramadhan berbagi Taspen sebar 25.000 paket sembako
Arsip: Direktur Umum PT Taspen (Persero), Bagus Rumbogo (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan ambulans pada perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) disaksikan Wali Kota Solo, Hadi Rudyatmo (kedua kiri) dalam acara penyaluran program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Taspen (Persero) di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (19/2/2018). (ANTARA /Maulana Surya)
Jakarta (ANTARA News) - Memasuki Ramadhan dan Jelang Idul Fitri 2018, PT Taspen (Persero) menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk menyediakan program Sembako Murah dan program Mudik Gratis Taspen dengan total anggaran yang disediakan mencapai Rp4,5 miliar.

"Menyambut Lebaran tahun 2018 Taspen menyalurkan sebanyak 25.000 paket sembako kepada yang berhak menerima, yang dilaksanakan secara serentak di 57 kantor cabang Taspen di seluruh Indonesiak," kata Direktur Umum Taspen Bagus Rumbogo, di Jakarta, Senin.

Anggaran yang disediakan untuk program Sembako Murah mencapai Rp 3,36 miliar, sedangkan anggaran untuk progam Mudik Gratis Rp1,14 miliar.

Untuk Mudik Gratis, Taspen akan memberangkatkan sebanyak 2.080 orang pemudik melalui moda transportasi bis dan kereta api ke kota-kota di Pulau Jawa.

"Mudik tahun lalu diberangkatan sebanyak 1.200 penumpang dengan bus, tahun ini naik sebanyak 2.080 penumpang dengan bus dan kereta api. Tentunya hal ini juga meningkatkan jumlah dana dan anggaran untuk mudik," terang Bagus.

Terdapat lima kota tujuan dengan menggunakan bus, antara |ain Yogyakarta, Semarang, Solo, Kediri dan Madiun, yang keberangkatannya dimulai pada tanggal 8 dan 10 Juni 2018 dari Kantor Pusat Taspen dan tanggal 9 Juni 2018 dipusatkan bersamaan dengan progam Mudik Bareng BUMN dari Ancol.

Tidak hanya kegiatan pasar murah dan mudik gratis, Taspen juga melakukan kegiatan santunan kepada anak yatim, janda dan duafa dengan total santunan menycapai Rp 86,88 juta yang dibagikan kepada 347 anak yatim, janda dan duafa.

Menurut Bagus, sepanjang tahun 2018, PT Taspen Persero menargetkan Program PKBL mencapai Rp 105 miliar terdiri atas kegiatan kemitraan Rp90 miliar dan bina lingkungan sebesar Rp15 miliar.

"Dana Bina Lingkungan pada 2018 yang disalurkan menurun 23 persen dibanding 2017, sedangkan dana kemitraan tercatat terjadi peningkatan,"

Menurut ketentuan, alokasi dana PKBL BUMN berasal dari penyisihan sebesar 4 persen dari laba bersih perseroan.

Ia merinci, dana program kemitraan yang mencapai Rp 90 miliar, digunakan untuk bantuan penyaluran kredit dengan bunga sangat rendah sekitar 3 persen. Bunga ini turun dari tahun lalu sebesar 6 persen.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2018

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 21.932 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.518 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 6.625 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.446 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.311 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
PT Jasa Marga Tbk mencatat ada sebanyak 109.165 kendaraan dari kawasan Jakarta melintasi pintu masuk gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, menuju arah Timur pada enam hari ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...