Jakarta (ANTARA) - Pengurus Masjid Nurul Iman di Blok M Square, Jakarta Selatan, menyiapkan berbagai program selama Ramadhan, termasuk penyelenggaraan kajian rutin dan tablig akbar serta penyediaan takjil gratis.

"Kita akan ada tablig akbar, iktikaf, kajian sebelum buka puasa, pembagian takjil, santunan anak yatim dan santunan duafa," kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Iman Azwar Wahid saat ditemui di Masjid Nurul Iman, Jumat.

Pengurus masjid mengundang Ustaz Khalid Basalamah untuk menyampaikan tausiah dalam tablig akbar, yang digelar kembali karena tahun lalu peminatnya banyak.

Azwar mengatakan jamaah masjid selama Ramadhan biasanya membeludak.

"Jamaahnya sangat membeludak, (bisa) 10 ribu sampai 20 ribu orang. Bahkan sampai tidak tertampung di area masjid yang luasnya 4.000 meter per segi ini," katanya.

"Nantinya akan kita pasang tenda untuk menampung banyaknya jamaah, bagian kakbah nanti kita sekat, kita bagi separuh," ia menambahkan.
 
Jamaah muslim bersiap untuk menunaikan shalat di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta, Jumat (3/5/2019). (ANTARA/Galih Pradibta)


Pengurus Masjid Nurul Iman, yang berada di lantai tujuh Blok M Square, juga mengundang imam dari Madinah, Arab Saudi, untuk memimpin shalat tahajud pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Selain itu pengurus masjid menggelar tausiah menjelang berbuka puasa serta menyediakan 2.000 paket takjil dan nasi beserta lauk bagi warga yang berbuka puasa di masjid.

"Kita akan memesan nasi Padang, kurma, kue dan teh manis setiap harinya untuk menu buka puasa, sekitar dua ribu," kata Azwar.

Pengurus masjid juga menyiapkan santunan untuk 2.000 anak yatim dan 200 duafa.

"Kita akan memberikan santunan untuk anak yatim tiap Hari Kamis selama bulan Ramadhan dan untuk kaum duafa menjelang lebaran. Sumbangan tersebut diperoleh dari hasil dari kotak sumbangan jamaah," kata Azwar.

Baca juga: Istiqlal siapkan 5.000 nasi kotak untuk buka puasa
 

Pewarta: Virna P Setyorini/Galih Pradipta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019