Setiap tahun kami datang berdoa untuk orang tua kami agar selamat dan diberikan ampunan dari Allah SWT
Mamuju (ANTARA) - Sejumlah pekuburan Islam yang tersebar di beberapa tempat di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dipadati peziarah menjelang Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Berdasarkan pantauan di Mamuju, Minggu, umat Muslim yang berbondong-bondong berziarah di pekuburan Islam di kota itu, selain berasal dari daerah setempat, juga dari berbagai daerah di Sulawesi Barat dan luar provinsi itu.

Mereka datang dengan membawa sanak keluarganya sambil membawa karangan bunga.

Hal itu, seperti tampak di pekuburan Islam di Jalan Kelapa Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, di mana ratusan warga memadati pekuburan Islam tertua di Kota Mamuju itu.

Warga silih berganti memadati pekuburan Islam tersebut sejak pagi hingga menjelang sore hari.

Selain kuburan di Jalan Kelapa itu, kuburan Islam lainnya yang juga tampak dipadati warga hingga ratusan peziarah, adalah kuburan Islam di Jalan Ir Haji Juanda dan Jalan Husni Tamrin, kuburan di lingkungan Tambi, serta kuburan Islam di Kelurahan Karema Mamuju dan di Jalan Soekarno Hatta.

Para peziarah tampak membersihkan makam dan berdoa untuk keluarganya yang sudah meninggal dunia sambil menaburkan bunga dan menyiram air ke kuburan keluarga mereka. Mereka juga menggunakan kesempatan tersebut untuk silaturahim dan saling memaafkan.

Salah seorang peziarah, Udi, mengaku berziarah di kuburan orang tuanya sudah menjadi tradisi setiap menjelang Ramadhan dan di setiap Lebaran.

"Setiap tahun kami datang berdoa untuk orang tua kami agar selamat dan diberikan ampunan dari Allah SWT," kata dia.

Ia mengatakan keluarganya juga akan datang saat Lebaran mendatang untuk berdoa dan bersilaturahim.
 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019