3.500 paket nasi kotak dari Senin hingga Kamis
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta menyiapkan ribuan nasi kotak gratis untuk menu berbuka puasa masyarakat bagi pengunjung masjid itu selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah.

"Kami menyediakan 3.500 paket nasi kotak dari Senin hingga Kamis. Kemudian 4.500 sampai dengan 5.000 paket untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu," kata Koordinator Koperasi Karyawan Masjid Istiqlal, Hasanuddin, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan menu makanan setiap hari selalu berbeda. Untuk Senin ini, pihaknya menyuguhkan menu empat sehat berupa pisang, kurma, ayam goreng, tahu, sayur nangka, sambal hijau, nasi putih dan air mineral.

"Selasa menu berganti ada rendang, sayur labu, tempe goreng ataupun pergedel. Besoknya lagi pakai telor," ujarnya.

Ketika memasuki 10 malam terakhir Ramadhan, Masjid Istiqlal akan menyediakan 1.000 paket nasi kotak untuk makan sahur para jamaah yang melaksanakan Qiyamullail di masjid itu.

Seluruh pembiayaan takjil untuk berbuka puasa dan makan sahur bersumber dari anggaran masjid dan juga sumbangan masyarakat.

Sebanyak tujuh perusahaan katering menyediakan makanan bagi masyarakat muslim yang berpuasa. Proses memasak makanan dimulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB.

Selain makanan, pengelola masjid juga menyediakan tim kesehatan untuk memeriksa kelayakan makanan yang disajikan setiap hari selama Ramadhan.

 

Pewarta: Sri Muryono dan Sugiharto Purnama
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019