Manajemen KAI berharap calon penumpang bisa memesan jauh hari tiket keberangkatan mudik maupun balik di Lebaran...
Medan (ANTARA) - Pesanan tiket Kereta Api (KA) Lebaran 2019 sudah sekitar sembilan persen dari 152.152 tempat duduk yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara (Sumut).

"Pesanan tiket KA  Lebaran sudah 13.245 kursi sejak mulai dijual 25 Februari 2019," ujar Manager Humas PT KAI Divre I, M Ilud Siregar di Medan, Sumut, Senin.

Pesanan untuk keberangkatan atau mudik paling banyak untuk tanggal 3 dan 4 Juni, sedangkan kepulangan/arus balik tanggal 9 juni

"Tiket KA Lebaran sudah dijual manajemen sejak tanggal 25 Februari 2019," ujar M Ilud Siregar. Tiket yang sudah terjual itu, lanjut dia, untuk kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi.

Dia menjelaskan tiket KA Sri Bilah Utama, Sri Bilah Premium, dan Putri Deli, bisa dipesan sejak H-90 (90 hari sebelum keberangkatan). Sedangkan untuk KA Siantar Ekspres bisa dipesan H-30 dan KA Sri Lelawangsa bisa langsung saat keberangkatan atau go show.

Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id, KAI Access mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan untuk saluran" eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI.

"Manajemen KAI berharap calon penumpang bisa memesan jauh hari tiket keberangkatan mudik maupun balik di Lebaran agar segera mendapatkan kepastian tiket atau tempat duduk kereta api," ujarnya.

Ilud menyebutkan mengacu pada hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah, KAI Divre I Sumut memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi Rabu, 29 Mei 2019 (H-7). Adapun puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3).

Selama Lebaran 2019, lanjut dia, KAI Divre I Sumut mengoperasikan 40 KA reguler terdiri dari enam perjalanan KA Sri Bilah Utama relasi Medan - Rantau Prapat pergi/pulang (pp). Kemudian dua perjalanan KA Sri Biliah Premium relasi Medan - Rantau Prapat (pp), enam perjalanan KA Putri Deli relasi Medan - Tanjung Balai (pp). Selain itu  dua perjalanan KA Siantar Ekspres relasi Medan - Siantar (pp) dan 24 perjalanan KA Sri Lelawangsa relasi Medan - Binjai (pp).

"KAI Divre I Sumut menyediakan kurang lebih 17.728 tempat duduk untuk KA jarak jauh dan KA lokal setiap harinya," katanya.

Menghadapi peningkatan jumlah pengunjung, kata dia,  KAI Divre I Sumut telah melakukan langkah antisipasi berupa optimalisasi database sistim pentiketan.

Ilud mengingatkan bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit karena jika tidak, maka tiket yang dipesan akan terjual kembali. Selain itu ia mengimbau agar masyarakat membeli tiket A di mitra resmi guna menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.
 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019