Kami pastikan stok kebutuhan pokok tercukupi saat memasuki Ramadhan hingga Lebaran 1440 Hijriah. Oleh karena, kita belum perlu melakukan upaya OP
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, belum perlu melakukan operasi pasar karena ketersediaan bahan kebutuhan pokok pada bulan puasa masih aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat,' kata Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah setempat, Nasikhin.

"Kami pastikan stok kebutuhan pokok tercukupi saat memasuki Ramadhan hingga Lebaran 1440 Hijriah. Oleh karena, kita belum perlu melakukan upaya OP," kata Nasikhin di Batang, Selasa.

Ia yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Batang ini mengatakan berdasar hasil laporan pemangku kepentingan seperti Bulog, Pertamina, dan organisasi perangkat daerah (OPD), stok pangan pada Ramadhan hingga Lebaran 2019 dalam kondisi aman dan cukup.

"Oleh karena, kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan pangan aman bahkan surplus. Kendati demikian, kami tetap terus memantau dan memonitoring harga dan stok agar distribusinya lancar," katanya.

Menurut dia, beberapa instansi seperti satuan politik pamong praja (Satpol PP), dinas perhubungan, serta satuan petugas mafia pangan melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk pengamanan kebutuhan pokok di pasar.

"Pemkab akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga pola konsumsinya, jangan main borong sehingga harga dapat terkendali," katanya

Ia mengatakan saat ini, secara umum harga kebutuhan pokok masih terpantau stabil. Jika pun ada kenaikan harga namun masih pada batas wajar dan terjangkau oleh masyarakat.

"Adapun, untuk kenaikan harga bawang putih karena dipengaruhi oleh kondisi nasional bukan lokal. Kondisi lokal, stok bawang putih masih cukup tersedia," katanya.


 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019