Jakarta (ANTARA) - Masjid Jakarta Islamic Centre menyediakan buka puasa gratis selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, kata Kepala Sekretariat JIC Ahmad Juhandi.

"Biasanya sekitar 500 jamaah setiap Maghrib hadir untuk memgikuti kegiatan ini. Maka kami setiap bulan Ramadhan memfasilitasi buka bersama di Masjid JIC," kata Ahmad dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pembiayaan buka bersama di Masjid JIC dari APBD dan Badan Manajemen. Selain itu, terdapat juga dari pengusaha dan masyarakat yang secara sukarela mengantarkan langsung makanannya.

Kepala Sub Divisi Keagamaan Manajemen JIC Aep Saifullah selama Ramadhan kegiatan di Jakarta Islamic Centre sangat beragam dengan materi-materi positif bernilai ibadah.

"Jadwal kegiatan Ramadhan 1440 Hijriyah sudah kami susun disesuaikan dengan kelompok sasarannya. Ada kelompok sasaran remaja dan anak, orang tua, pelajar dan mahasiswa, ibu-ibu serta kelompok sasaran lainnya," kata dia.

Dia mengatakan terdapat kajian keilmuan oleh para pemuka agama sehabis sholat Dzuhur, menjelang buka puasa, setelah Tarawih dan setelah sholat Subuh.

Selain itu, kata dia, terdapat juga tadarus Al Quran setelah Ashar, Remaja Mengaji, Pesantren Ramadhan, The Power of Dream, diskusi keagamaan setelah Jumatan, simaan Al Quran, iktikaf 10 hari akhir Ramadhan, Nuzulul Quran dan Santri Asmaul Husna.

Kemudian, kata dia, diadakan juga kompetisi seperti lomba Hafiz on Radio, Festival Film Pendek Religi, lomba azan dan lomba hafiz. Pendaftaran untuk lomba sudah dibuka mulai saat ini.

Dia mengatakan Jakarta Islamic Centre juga mengadakan bazar Ramadhan, sembako murah, seminar ekonomi syariah, pesantren kilat robotik dan Android dan Gerakan Lima Bungkus Nasi (Gemakusi).

Kemudian pada akhir Ramadhan, kata dia, akan diadakan gema takbir dan sholat Idul Fitri.

"Saya berharap semua kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk itu, saya menghimbau kepada ummat Islam untuk berperan aktif dan membantu kegiatan tersebut. Minimal hadir di salah satu kegiatan demi menyemarakkan Ramadhan yang penuh berkah ini" katanya.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019