Banjarmasin (ANTARA) - Sekitar 650 santri memenuhi gelar pesantren Ramadhan yang diselenggarakan Angkatan Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua Angkatan Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Wahyuni, saat pembukaan kegiatan tersebut, Rabu, santri yang mengikuti pesantren Ramadhan ini dari siswa tingkat sekolah dasar (SD) hingga tingkat sekolah menengah atas (SMA).

"Bahkan ada sebagian dari mahasiswa yang ikut, hingga jumlahnya mencapai 650 orang," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini akan berlangsung selama 16 hari, terkecuali hari Kamis dan Jumat yang diliburkan pada satu minggu itu.

"Jadi selama mengikuti pesantren ini, santri kita arahkan untuk bisa menghapal surah-surah Al-Quran, setidaknya satu surah bisa hapal ke luar dari kegiatan ini masing-masingnya," papar Wahyuni.

Menurut dia, Angkatan Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin akan terus menggelar kegiatan ini, karena sudah selama 38 tahun dilaksanakan.

"Dan peserta kegiatan pesantren Ramadhan di Masjid Sabilal Muhtadin ini terus membeludak, khususnya dari siswa sekolah umum yang mendominasi," tuturnya.

Sementara itu, Asisten Pemprov Kalsel Siswansyah yang membuka kegiatan tersebut berharap para santri dapat belajar dengan sungguh-sungguh di waktu yang cukup singkat ini untuk bisa menjadi seorang qur'ani yang baik.

Terlebih dari itu, kata dia, penyempurnaan akhlak bagai semua pesertanya agar benar-benar ke luar dari kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya.

"Sehingga tahun akan datang akan lebih banyak lagi siswa yang mau mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini," kata dia.


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019