...nanti kita bisa bantu untuk sama-sama mencari pasokan langsung dari tangan pertama...
Kupang (ANTARA) - Staf Ahli Menteri Perdagangan (Mendag) Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward, Rabu, memantau harga dan pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)  pada Bulan Ramadhan.

Kegiatan pemantauan bersama sejumlah pejabat dan staf dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) dimulai sekitar Pukul 12.30 Wita dengan mendatangi salah satu pusat perbelanjaan modern Trans Mart yang berlokasi di Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Dody didampingi pimpinan Trans Mart memeriksa persediaan dan harga berbagai bahan pokok berupa bawang, cabai, daging ayam, terigu, minyak goreng, dan lainnya, yang tersedia di pusat perbelanjaan itu.

"Ada beberapa bahan pokok yang kedapatan harganya naik, seperti bawang, cabai, terigu, dan daging ayam, sehingga kami minta pihak Trans Mart untuk cek kembali pasokannya," katanya kepada wartawan di sela-sela kegiatan pemantauan itu.

Ia mengatakan telah meminta langsung kepada pimpinan Trans Mart untuk memeriksa kembali pemasok bahan-bahan pokok karena ada beberapa yang diperoleh tidak langsung dari sumbernya sehingga berdampak pada kenaikan harga.

"Ada beberapa bahan-bahan yang pasokan didapat dari tangan keempat, jadi tidak langsung ke sumbernya dan ini nanti kita bisa bantu untuk sama-sama mencari pasokan langsung dari tangan pertama sehingga bisa memutus mata rantai itu," katanya.

Selain Trans Mart,  Dody juga memantau harga dan persediaan bahan-bahan pokok pada pasar modern lainnya di Kota Kupang seperti Ramayana Mall dan Hypermart.

Selanjutnya, kegiatan pemantauan juga dilakukan pada sejumlah pasar tradisional di Kota Kupang, Gudang Bulog Divre NTT, Gudang Sempurna, dan Pelabuhan Tenau Kupang yang dijadwalkan pada Kamis 9 Mei 2019.

Selain itu Dody Edward juga akan melakukan rapat koordinasi daerah (Rakorda) bersama pemerintah daerah setempat terkait stabilitas harga dan stok barang selama Ramadhan hingga Lebaran.

Baca juga: Begini cara Bantul jaga harga dan stok bawang merah selalu stabil

Baca juga: Mendag pantau harga kebutuhan pokok di Jakarta

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019