Sidoarjo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menyiapkan 35 unit bus mudik gratis dari Sidoarjo ke tujuh kota atau kabupaten di Provinsi Jawa Timur supaya memudahkan masyarakat yang ingin bertemu dengan keluarga mereka untuk berlebaran 1440 Hijriah.

Kabid Angkutan Dishub Sidoarjo, Edi S, di Sidoarjo, Rabu mengatakan, mudik bareng gratis itu akan dilaksanakan pada Senin (3/6/2019) yang akan dilepas langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

"Warga yang ingin mengikuti mudik bareng gratis ini syaratnya hanya menyerahkan fotokopi KK dan KTP," katanya.

Ia menjelaskan, pendaftaran mudik bareng gratis telah dimulai pada 15 April yang lalu, dan hingga hari ini sebanyak 790 kursi sudah terisi dari total 1.750 kursi yang tersedia.

"Dari total 1.750 kursi yang tersedia, sebanyak 790 kursi sudah terisi, sementara kursi yang kosong tersisa 960 kursi," katanya.

Ia menjelaskan, tujuh kabupaten atau kota yang menjadi tujuan mudik adalah Banyuwangi sebanyak 4 bus, Jember 4 bus, Bojonegoro 1 bus, Blitar 1 bus, ke Ponorogo 9 bus, Magetan 9 bus dan ke Trenggalek 7 bus.

"Untuk mengikuti mudik bareng gratis di Pemkab Sidoarjo. Hanya membawa fotokopi KK dan KTP, serta mengisi formulir pendaftaran di Kantor Dishub Sidoarjo," katanya.

Ia mengatakan, untuk pendaftaran mudik gratis ini hanya dibuka di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo saja.

"Pendaftarannya hanya bisa dilaksanakan di kantor Dinas Perhubungan saja," katanya menegaskan.

Sementara itu, Suwandi salah seorang calon peserta mudik gratis mengatakan dirinya sangat beruntung bisa menggunakan fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemkab Sidoarjo.

"Kami beruntung dan berterima kasih kepada Pemkab Sidoarjo karena bisa memberikan fasiltas mudik gratis ini. Semoga kedepan lebih banyak armada yang disiapkan supaya yang terangkut jadi semakin banyak," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019