Penajam (ANTARA) - Sejumlah pedagang jajanan untuk berbuka puasa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mampu meraup omset atau penghasilan jutaan rupiah per hari.

Hartati, penjual menu berbuka puasa di lapak pasar Ramadhan saat ditemui, Sabtu, mengaku selama sepekan berjualan di pasar Ramadhan berhasil mengumpulkan hasil penjualan sekitar Rp1 juta per hari.

Ia menjelaskan, kue dan makanan lainnya untuk berbuka puasa yang dikemas dalam wadah plastik tersebut setiap hari terjual ratusan bungkus.

"Saya menjual kue dan makanan berbuka puasa lainnya dengan harga bervariasi mulai Rp5.000 sampai Rp8.000 per bungkus, lauk dan sayur tergantung komposisi," ucap Hartati.

"Pengunjung mulai hari pertama puasa hingga hari ini (Sabtu 11/5) masih cukup banyak, utamanya kalangan pegawai negeri sipil (PNS), saya berjualan mulai pukul 15.00 WITA," ujarnya.

Mardiana, pemilik warung yang menjual berbagai jenis makanan berbuka puasa juga mengaku omset penjualan lebih kurang Rp1 juta per hari.

"Dalam sehari kami berhasil menjual minimal ratusan kotak atau potong kue dan makanan lainnya dengan harga Rp5.000 sampai Rp10.000, gorengan dijual dengan harga Rp1.500 hingga Rp2.500 tergantung jenisnya," katanya.

Masyarakat mulai berdatangan ke warung miliknya untuk membeli menu berbuka puasa sejak pukul 15.30 WITA sampai menjelang berbuka puasa tiba.

"Warung mulai buka pukul 15.00 WITA, selama sepekan puasa ini, biasanya pembeli habis sekitar pukul 17.30 WITA," jelasnya.

Kue yang dijual para pedagang jajanan Ramadhan tersebut seperti, risoles, barongko, jalangkote, serta sejumlah jajanan yang sulit ditemui pada hari-hari di luar Ramadhan.

Penjual jajanan Ramadhan juga menawarkan kolak pisang, es buah serta menu makanan seperti bihun, sayur, pepes ikan dan lainnya.*


Baca juga: Pemkot Padang siapkan 60 pedagang jajanan berbuka puasa

Baca juga: Perempuan Lebak bangkitkan ekonomi keluarga selama Ramadhan


 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019