Tanah Bumbu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggelar Pasar Murah Ramadhan mengantisipasi melonjaknya harga sembilan bahan pokok menjelang hari raya Idhul Fitri 1440 Hijriah.

"Kegiatan yang digelar di Desa Sumber Baru, Kecamatan Angsana juga bertujuan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat  yang memiliki penghasilan rendah," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Tanah Bumbu, H Deny Harianto di Batulicin, Senin.

Dikatakan, penyelenggaraan pasar murah tersebut melibatkan TP PKK dan DWP, Dinas Ketahanan Pangan, Bulog, GOW, Gatriwara dan pihak swasta.

"Pasar murah akan dilaksanakan selama Bulan Suci Ramadhan secara bergilir di seluruh kecamatan yang ada di Kabupetan Tanah Bumbu. Dan Desa Sumber Baru merupakan desa pertama yang mendapatkan giliran," katanya.

Beragam bahan pangan yang dijajakan, salah satunya beras, minyak goreng, teh kotak, sirup atau minuman manis, tepung, serta olahan hasil perikanan seperti kerupuk amplang, pentol dan lain sebagainya.

Selain itu, pasar murah dilaksanakan adalah sebagai upaya pemerintah agar target yang diinginkan juga dapat dilakukan, seperti penyediaan pasokan kebutuhan pokok dan harga yang stabil.

Menurut dia permintaan masyarakat atas kebutuhan pokok memasuki bulan puasa dan menjelang Lebaran cenderung meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Kalau dilihat dari bulan sebelumnya memang permintaan sedikit berkurang, mungkin seiring dengan daya beli kita berkurang. Tapi dengan menghadapi puasa dan Lebaran, kemudian permintaan itu bertambah.

"Maka dari itu untuk memenuhi permintaan masyarakat yang bertambah pemerintah menyediakan barang murah yang terjangkau melalui pasar murah dan operasi pasar," katanya.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019