Baturaja (ANTARA) - Volume sampah di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan selama bulan suci Ramadhan setiap harinya mencapai 40 ton yang diangkut petugas kebersihan wilayah setempat untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Volume sampah di OKU selama bulan puasa ini jumlahnya mencapai 40 ton/hari," kata Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Ogan Komering Ulu (OKU), Brigmen di Baturaja, Senin.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat dibandingkan hari biasa yaitu hanya sebanyak 34 ton sampah yang dihasilkan masyarakat Kabupaten OKU setiap harinya.

"Terjadi peningkatan volume sampah selama Ramadhan dibandingkan hari biasa yang jumlahnya mencapai 6 ton/hari," katanya.

Peningkatan volume sampah ini terjadi seiring meningkatkan makanan yang dikonsumsi masyarakat selama bulan puasa hingga menghasilkan puluhan ton sampah.

Sebagian besar sampah rumah tangga ini kata dia, merupakan sisa makanan yang dibuang masyarakat seperti sayur mayur dan buah-buahan serta pembungkus makanan lainnya.

"Sampah yang paling banyak yaitu bekas kulit kelapa muda atau dogan," kata dia.

Dalam menangani masalah sampah tersebut, lanjut dia, pihaknya menyiagakan beberapa orang petugas kebersihan di sejumlah kawasan yang biasanya dijadikan masyarakat tempat pembuangan sampah agar dapat segera diangkut ke TPA.

"Termasuk 11 unit mobil pengangkut sampah juga kami siagakan agar Kota Baturaja tetap bersih selama bulan puasa ini," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019