counter

XL Axiata siapkan mobile BTS dukung wisatawan di Lebaran

XL Axiata siapkan mobile BTS dukung wisatawan di Lebaran
Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan. (Antara Sumut/Evalisa Siregar)
Medan (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas jaringan termasuk dengan menyiapkan mobile BTS (MBT) di kawasan wisata Danau Toba dukung peningkatan jumlah wisatawan di Lebaran 2019.

"MBTS di sejumlah wilayah sudah disiapkan antara lain di wilayah seputar Danau Toba dan Berastagi yang menjadi tujuan wisata di Sumut pada Lebaran 2019," ujar
Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan di Medan, Selasa.

Selain di Danau Toba dan Berastagi, untuk di Sumatera Utara, MBTS juga disiapkan di Pelabuhan Simanindo, Ajibata, Resort Simalem, dan Pantai Cermin.

Seperti halnya di Sumut, daerah wisata di provinsi.lain di Sumatera juga dilengkapi MBTS. Di Sumatera Barat, misalnya, MBTS siapkan di area eksotis Kelok 9 yang juga menjadi jalur utama mudik dan tujuan wisata.

Di Bangka, MBTS disiapkan di kawasan wisata populer Pantai Tongachi, dan Pantai Terentang. Sedangkan di Belitung ada di Pantai Pantai Tanjung Pendam, dan di  Palembang, satu unit MBTS ditempatkan di Benteng Kuto Besak.

"Semua kawasan objek wisata yang diperkirakan dipadati wisatawan pada libur Lebaran dan kawasan padat arus mudik/balik sudah disiapkan XL Axita sejumlah MBTS mendukung kualitas jaringan yang sudah juga dipersiapkan," katanya.

Pada Senin malam saat berbuka Puasa , Francky Rinaldo Pakpahan menegaskan, XL Axiata terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah layanan Sumatera dan termasuk Kepulauan Riau dan Bangka Belitung.

Penguatan jaringan data itu terus dilakukan seiring dengan tumbuhnya trafik permintaan menjelang Lebaran 2019 dan berkembangnya jumlah pelanggan di Sumatera.

Francky Rinaldo Pakpahan menjelaskan, saat ini, di wilayah tersebut sudah terdapat lebih dari 2.000 BTS, termasuk di antaranya lebih dari 5.000 BTS 4G.

Adapun total jumlah pelanggan mencapai 16 persen dari total pelanggan XL Axiata.

"Sejalan dengan peningkatan pelanggan sebesar 20 persen, trafik data di seluruh Sumatera tercatat naik sekitar 85 persen ," katanya.

Untuk itu, katanya, XL Axita juga melakukan pembangunan infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima.

"Hampir di semua provinsi wilayah Sumatera terjadi kenaikan signifikan permintaan layanan data seperti secara nasional yang disebabkan kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang terus meningkat" katanya.

Francky Rinaldo Pakpahan menjelaskan, kualitas layanan bisa terwujud karena berimbangnya antara baiknya kualitas jaringan dan berbagai penawaran produk layanan data yang memang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di semua segmen melalui brand XL dan AXIS.

Khusus untuk menyambut masa libur panjang Lebaran 2019, misalnyai, XL Axiata West Region sudah serius melakukan persiapan baik dari sisi jaringan maupun produk layanan.

“Kapasitas jaringan di seluruh Sumatera rata-rata ditingkatkan menjadi 2 kali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik," katanya.

XL memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik data rata-rata sekitar 30 persen dari trafik hari normal.

Kenaikan trafik tertinggi biasanya ada di area Deli Serdang, Medan, Langkat (Sumut) yang dan Lampung yang merupakan kawasan lintas mudik dan arus balik.

"Selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhkan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan MBTS di sejumlah wilayah yang menjadi tujuan wisata utama," katanya.

Dari sisi produk layanan, pelanggan XL dan AXIS juga bisa mendapatkan penawaran khusus selama bulan Ramadhan dan Lebaran.

XL Axiata telah menyiapkan paket inovatif “Xtra Rejeki” yang memberikan cashback untuk pelanggan kartu XL yang digunakan untuk mendapatkan potongan harga hingga Rp1,2 juta untuk membeli smartphone tipe apa saja yang dijual di online partner tertentu.

Baca juga: XL Axiata awali 2019 tumbuh positif

Baca juga: XL Axiata gunakan dana obligasi untuk perluas jaringan
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019

Telkomsel dan XL Axiata jadi penyedia layanan 4G di wilayah 3T