Pasar murah Ramadhan Kodim 0824 Jember "diserbu" warga

Government sets beginning of fasting on May 6
Suasana Pasar Murah Ramadhan yang digelar Kodim 0824 Jember, Jawa Timur, pada Rabu (15/5/2019) (ANTARA/Zumrotun Solichah)
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pasar murah Ramadhan yang digelar Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Jember, Jawa Timur, Rabu, yang digelar di halaman markas Kodim setempat "diserbu" warga dan sejumlah komoditas bahan pokok di pasar murah tersebut habis dalam waktu sekitar dua jam.

"Kegiatan pasar murah tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka membantu masyarakat memenuhi ketersediaan kebutuhan pokok rumah tangga karena permintaan sembako selama pertengahan Ramadhan hingga Lebaran cenderung meningkat," kata Komandan Kodim (Dandim) 0824 Letkol Inf Arif Munawar di Jember.

Menurutnya, harga beberapa komoditas yang dijual di pasar murah tersebut relatif lebih murah di pasaran, sehingga kegiatan itu merupakan bagian dari operasi pasar dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Pasar murah Ramadhan akan digelar selama dua hari yakni hari Rabu ini dan Kamis (16/5), sehingga masyarakat bisa memanfaatkan momentum pasar murah untuk membeli kebutuhan sehari-hari karena harga semua komoditas lebih murah dibandingkan harga di pasaran," tuturnya.

Sementara warga Jember, Hasanah mengaku senang dengan adanya pasar murah Ramadhan yang digelar Kodim 0824 Jember karena harga beberapa komoditas lebih murah dibandingkan di pasaran.

"Harga telur ayam ras di pasaran sebesar Rp21.000 hingga Rp22.000 per kilogram, namun di sini dijual dengan harga Rp19.800 per kilogram dan harga gula juga lebih murah," tuturnya.

Ia berharap kegiatan pasar murah Ramadhan itu dilaksanakan tidak hanya dua hari saja, namun berkesinambungan untuk mengantisipasi lonjakan harga beberapa komoditas pangan menjelang Lebaran.

Pantauan di lapangan, gula pasir yang disediakan Pabrik Gula (PG) Semboro sebanyak 1 ton ludes dalam waktu dua jam karena harganya dipatok sebesar Rp11.000 per kilogram, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp12.000 hingga Rp12.500 per kilogram. Pihak Kodim juga meminta PG Semboro menambah stok sebanyak 2 ton untuk pasar murah Ramadhan pada Kamis (16/5).

Kegiatan pasar murah tersebut dibuka oleh Kepala Staf Kodim 0824/Jember Mayor Inf Sampak dan ditandai pengguntingan balon udara oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Kodim 0824 Nita Arif Munawar.

Berbagai perusahaan yang mendukung kegiatan tersebut diantaranya dari PG Semboro yang menyediakan gula pasir dengan harga Rp11.000/kg, telur ayam ras Rp19.800/kg, beras dengan harga mulai Rp9.500/kg hingga Rp11.000/kg, minyak goreng Rp10.250 per liter, dan berbagai kue kering Lebaran, serta batik.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok di Jember fluktuatif di awal Ramadhan
Pewarta:
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019