Di Trans Jawa ada 112 titik, terdiri dari 34 SPBU eksisting dan 10 SPBU baru dan sisanya SPBU modular
Cikampek (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) telah menyediakan 112 titik layanan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di sepanjang jalur Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan guna memastikan kelancaran pasokan saat menghadapi arus mudik dan balik pada Lebaran 2019.

Dalam peninjauan ke SPBU di Rest Area KM 57 Cikampek, Jawa Barat, Kamis, Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid bersama Komite BPH Migas Saryono dan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Muhammad Rizwi memastikan sejumlah titik pengisian BBM di jalur mudik khususnya via tol siap melayani kebutuhan masyarakat.

"Di Trans Jawa ada 112 titik, terdiri dari 34 SPBU eksisting dan 10 SPBU baru dan sisanya SPBU modular," kata Mas'ud.

Baca juga: Puncak konsumsi BBM diprediksi H-5 Lebaran
Layanan pengisian BBM di sepanjang Trans Jawa terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (mobil tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga.

Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

Pertamina memahami perjalanan mudik biasanya cukup melelahkan bagi pemudik, meskipun melalui jalur tol. Untuk itu, Pertamina juga menyiapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah.

Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas Lelah.

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Barat, Pertamina akan menyiapkan 26 SPBU di Ruas Tol Cikampek, Cipali, Ciawi, dan Cileunyi.

Selain itu, 14 Kios Pertamina Siaga dan 2 Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur tol Jakarta-Cirebon. Sementara di jalur tol Jakarta-Merak juga disiapkan 6 SPBU.

Sementara untuk memastikan pasokan BBM di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik.

Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.
Baca juga: Legislator ingin Pertamina benar-benar jamin stok BBM mudik Lebaran
Baca juga: Posko nasional ESDM jamin ketersediaan BBM hadapi Lebaran

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019