Jakarta (ANTARA) - Mudik bersama sang buah hati adalah tantangan bagi orangtua, terutama orangtua baru yang masih "hijau" dalam urusan mengurus anak.

Untuk urusan anak pertama, orangtua bisa jadi masih serba bingung sehingga ingin membawa segala barang dan peralatan untuk memastikan kenyamanan anak selama di perjalanan.

Agar tidak pusing sendiri karena terlalu banyak barang bawaan, sebaiknya Anda hanya membawa peralatan wajib yang memang berguna dan paling diperlukan untuk perjalanan panjang.

Berikut rekomendasi perlengkapan mudik tanpa ribet dari Mothercare Indonesia.

Car seat

Car seat membuat anak dan orangtua bisa duduk nyaman. Anak dapat berbaring dan tidur pulas serta terlindung dari guncangan, sementara orangtua bebas duduk tanpa harus memangku buah hati selama berjam-jam.

Kereta bayi

Kereta bayi atau stroller berfungsi untuk membawa buah hati secara praktis, terutama bila si anak memang nyaman walau tidak digendong. Kereta ini lebih praktis dan membuat orangtua bisa beristirahat sejenak dari rutinitas menggendong anak.

Pilihlah stroller yang ringkas dan bisa dilipat, bila memungkinkan yang ukurannya bisa dimasukkan ke kabin pesawat, terutama untuk Anda yang mudik melalui moda transportasi udara.

Gendongan

Kain gendongan adalah hal yang tidak bisa dilupakan untuk membawa bayi kemana-mana. Jika Anda ingin gendongan versi modern, coba pilih gendongan yang punya penyangga duduk. Ini membuat bayi bisa duduk secara nyaman, orangtua juga tidak akan terlalu pegal.

Tas popok

Tas popok sebaiknya merupakan tas multifungsi yang bisa memuat banyak pernak-pernik bayi, seperti baju ganti, peralatan makan hingga wewangian. Tas popok yang memiliki banyak saku dapat lebih membantu orangtua untuk menyimpan banyak barang tanpa tercecer. Anda juga dapat membawa tas popok multifungsi yang bisa disulap jadi matras kecil untuk mengganti popok.

Peralatan mandi

Peralatan mandi alias toiletries juga krusial dalam membawa buah hati saat mudik karena kulit anak yang sensitif membutuhkan perlakuan berbeda dibandingkan orang dewasa.

Jika tidak mau repot, siapkan sabun hingga sampo dalam ukuran mini alias travel size sehingga tidak memakan tempat di tas atau koper. Orangtua yang tidak suka memakai bedak tabur karena bisa berceceran di kendaraan dapat mencari alternatif bedak dalam kemasan krim dengan manfaat yang sama.

Tisu basah

Segala hal bisa terjadi pada anak: makanan tumpah, muntah atau kotoran yang merembes pada baju. Tisu basah jadi andalan untuk membersihkan ini dan itu terutama ketika tidak tersedia air.

Ada tisu basah yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan, ada pula yang bervariasi tergantung tujuannya, misalnya tisu basah antibakteri untuk menjaga kesterilan tubuh anak, tisu basah untuk membersihkan botol dan dot, tisu basah khusus untuk mengelap ingus saat anak pilek, tisu untuk mencegah nyamuk hingga tisu untuk membersihkan gigi dan gusi anak.

Botol minum

Siapkan tempat minum untuk anak, terutama mereka yang sudah berusia di atas enam bulan. Isilah dengan air putih atau minuman lain kesukaan mereka sehingga anak bisa melepas dahaga di tempat duduknya secara mandiri.

Tempat makan

Jika anak Anda sudah di atas enam bulan dan menyantap makanan pendamping ASI, siapkan tempat makan kedap udara yang bisa menjaga kualitas makanan dan kehangatannya selama berjam-jam.

Obat

Siapkan obat-obat untuk berjaga-jaga bila kesehatan anak menurun sewaktu-waktu akibat kelelahan, mulai dari plester penurun demam hingga vitamin.

Krim pencegah iritasi

Agar anak merasa nyaman meski berada di dalam kendaraan selama berjam-jam, pastikan kulitnya tidak iritasi meski "dibekap" popok dalam waktu lama. Sebelum memakaikan popok, jangan lupa oleskan krim pencegah iritasi sehingga anak tidak rewel karena kulitnya gatal.

Alat pemerah ASI

Jika malas memerah ASI secara manual, Anda bisa melakukannya secara lebih praktis dengan alat pemerah ASI elektrik.

Baca juga: Kiat KPAI agar anak tetap nyaman dalam perjalanan mudik

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019