Ternate (ANTARA) - Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Ternate, Maluku Utara  menyediakan lima kapal untuk melayani calon penumpang yang bepergian menggunakan kapal Pelni selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri nanti.

"Kami telah menyediakan lima kapal penumpang, yakni KM Sinabung, KM Dorolonda, KM Labobar, KM Sangiang dan KM Tatamailau yang singgah di Pelabuhan Soasio Tidore untuk melayani rute berbagai daerah di Indonesia," kata Manager Operasional PT Pelni Cabang Ternate, Irwansyah di Ternate, Jumat.

Lima kapal tersebut melayani rute dari Ternate-Makassar, Bau-Bau, Banggai, Bitung, Sorong, Manokwari, Biak,Jayapura dan Surabaya, sedangkan  KM Sinabung dan KM Dorolonda untuk rute, Ternate, Ambon, Namlea, Bau-Bau, Makasar, Tanjung Perak,dan Surabaya untuk KM Labobar, rutenya dimulai dari Ternate, Bitung, Sorong, Manokwari, Nabire, Serui, Jayapura, Balikpapan, Pantoloan, Toli-Toli, Amurang dan Surabaya.

Pada mudik Lebaran 2019 ini diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah penumpang namun tampaknya tidak terlalu signifikan. Hal tersebut dipicu oleh tingginya harga tiket pesawat yang melonjak sejak awal tahun 2019 membuat transportasi laut menjadi alternatif laut dari para pemudik dan kenaikan jumlah penumpang tidak akan banyak diperkirakan hanya naik 3 persen dari hari normal.

Oleh karena itu, katanya, untuk mengantisipasi  lonjakan penumpang, pihaknya telah melakukan rapat bersama Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk melakukan persiapan pada H-10 sampai H+20 mudik lebaran.

Selain itu, kata Irwansyah, Pelni telah berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait dengan keamanan perjalanan laut baik dari Kepolisian, Basarnas maupun BMKG. Kapal layak laut dipersiapkan untuk para pemudik 2019 dangan memberikan fasilitas yang aman dan nyaman, termasuk persiapan peralatan pelampung, life jacket dan sekoci, setelah itu, kapal dipersiapkan dalam dispensasi penambahan penumpang.

Sejauh ini harga tiket kapal penumpang di pelabuhan Ternate tidak ada kenaikan, tetap seperti hari biasanya dan pada mudik lebaran 2019 arus padat diperkirakan pada tujuan Makassar – Bau Bau, Makassar – Surabaya – Jakarta.

Untuk mengantisipasi cuaca buruk, Pelni berkerja sama dengan pihak BMKG yang akan mengimbau resiko perjalanan misalnya angin kencang atau gelombang tinggi.

Kapal Pelni menjual tiket kelas ekonomi dengan harga terjangkau dari Ternate ke berbagai kota lainnya seperti Ternate-Bitung Rp166 ribu per penumpang, Ternate-Ambon Rp190 ribu, Ternate-Namlea RpRp195 ribu, Ternate-Bau Bau Rp400 ribu per penumpang, Ternate-Makassar Rp420 ribu per penumpang dan Ternate-Surabaya Rp541 ribu per penumpang.

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019