Brebes (ANTARA) - Tempat istirahat bekas Pabrik Gula di KM 260 B menyajikan wahana swafoto yang digemari oleh para pengemudi yang melalui tol trans Jawa.

"Swafoto favorit adalah tungku pembakaran gula dan akar pohon beringin tua," kata Teknisi pengelola rest area, Sodikin di Brebes, Jumat.
Pabrik gula menjadi rest area. (Afut syafril)
Rest area tersebut berada di kanan jalan jika pengunjung dari arah Jakarta menuju Semarang. Selain favorit akar beringin dan tungku perapian, ada juga lokomotif bekas pabrik gula zaman Belanda tersebut.

Lokomotif berada di luar area pabrik gula, kemudian salah satu wahana utamanya adalah pertunjukkan air mancur dengan dukungan warna-warni cahaya lampu sorot.

Namun, air mancur ini hanya ber-atraksi pada jam tertentu, yaitu menjelang jam buka puasa, sehingga pengunjung harus menentukan waktu yang tepat.

Banyak makanan disajikan di rest area tersebut, mulai dari khas Brebes telur asin bakar, warung Tegal, hingga beberapa cafe yang nampak sedang menggiling kopinya masing-masing.

UMKM binaan kelola BUMN juga membuka gerai dengan andalan produk lokal. Transaksi di rest area tersebut bersifat nontunai, sehingga harus menyiapkan dengan aplikasi Linkaja.

SPBU utama sedang dalam proses pengerjaan, ditargetkan akan selesai pada waktu ketika arus mudik dimulai.

Baca juga: Dua "rest area" disiapkan di jalur mudik Tol Pasuruan-Probolinggo

Baca juga: Presiden Jokowi menikmati kuliner lokal di rest area tol Ngawi-Kertosono

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019