Mataram (ANTARA) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola jaringan ritel minimarket Alfamart bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU), membagikan 3.200 paket hidangan buka puasa untuk anak yatim dan dhuafa di seluruh Tanah Air.

Khusus di Nusa Tenggara Barat (NTB), Alfamart dan LAZISNU telah membagikan 100 paket hidangan buka puasa, yang diselenggarakan di Yayasan Coin Foundation, Dusun Pancoran, Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Jumat.

Deputy Branch Manager Alfamart Lombok Dikdik Dirgantara mengatakan, Ramadhan sudah sewajarnya menjadi momen untuk saling berbagi berkah dengan sesama, terutama kepada mereka yang kurang beruntung.

"Kegiatan buka bersama tersebut merupakan salah satu bentuk kolaborasi kegiatan kemanusiaan antara Alfamart dengan LAZISNU," katanya.

Ia menyebutkan bantuan tersebut disalurkan kepada panti asuhan, yayasan kemanusiaan atau komunitas pra sejahtera.

Kegiatan pemberian hidangan berbuka puasa dan santunan tersebut terselenggara berkat program donasi konsumen atau uang receh kembalian selama tiga bulan, yaitu April - Juni 2018. Hasil pengumpulan donasi selama periode itu selanjutnya dikelola LAZISNU.

"Kami mengutamakan untuk memberi anak yatim dan dhuafa, karena memang merekalah yang sewajarnya mendapatkan bantuan," ujar Didik.

Kegiatan berbuka puasa bersama yatim dan dhuafa dilaksanakan di 32 kota dan daerah di berbagai wilayah di Indonesia. Masing-masing kota dan daerah akan menyalurkan 100 paket hidangan untuk berbuka puasa. Selain membagikan hidangan untuk berbuka puasa, anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa juga mendapatkan santunan.

Baca juga: Selama Ramadhan ACT Sumsel berbagi ribuan takjil gratis

Baca juga: Kapolres Bangka Barat berbagi "takjil" kepada pengendara di Muntok

Pewarta: Awaludin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019