Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan program mudik gratis bagi pegawai Pemprov dan masyarakat Kalimantan Selatan yang akan mudik dari Banjarmasin arah wilayah Hulu Sungai.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiansyah di Banjarmasin Senin mengatakan, tahun ini Gubernur Sahbirin Noor meminta agar pihaknya melaksanakan program mudik gratis.

"Program tersebut merupakan program Paman Birin Peduli Masyarakat," katanya.

Melalui program tersebut, seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel wajib menyiapkan mobil dinas, untuk mengangkut masyarakat yang akan mudik ke berbagai daerah, terutama wilayah Hulu Sungai.

Saat ini, tambah dia, pihaknya sedang melakukan pendataan dan koordinasi untuk teknis pelaksanaan mudik gratis tersebut.

"Yang pasti mudik gratis dengan mobil dinas tersebut akan dilaksanakan tahun ini, hanya teknisnya masih dalam proses koordinasi," katanya.

Bila satu SKPD menyiapkan satu mobil dinas untuk mengangkut ASN Pemprov Kalsel dan masyarakat, maka total mobil dinas yang bakal mengangkut peserta mudik gratis sekitar 48 unit, ditambah dengan mobil HIS yang akan dioperasionalkan oleh Dishub.

Mudik gratis tersebut, akan mulai dilaksanakan beberapa hari sebelum lebaran, dan beberapa hari setelah lebaran.

"Jadi berangkat diantar, pada saat waktunya kembali, juga akan dilakukan program penjemputan, bagi masyarakat yang mendaftarkan diri," katanya.

Tentang persiapan angkutan umum bagi untuk arus mudik darat, tambah dia, sudah sangat memadai.

Pada dasarnya, tambah dia, armada yang tersedia dengan penumpang arus mudik, masih mencukupi bahkan lebih, sehingga Insya Allah, tidak akan ada persoalan yang berarti.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk angkutan mudik darat, hampir tidak ada persoalan yang berarti," katanya.

Baca juga: Semua produk dijual murah di Bazar Ramadhan Polda Kalsel

Baca juga: BUMN bagikan seribu Alquran ke pondok pesantren Kalsel

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019