Pemkot Palu gelar pasar murah di halaman kantor wali kota

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Illustrasi: Sejumlah warga berbelanja di Pasar Murah, di Kelurahan Palupi, Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA FOTO/BASRI MARZUKI)
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam beberapa hari ini dan ke depan menyiapkan pasar murah dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota untuk membantu warga dalam berbelanja berbagai kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah 2019.

Pantauan Antara di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu, lokasi pasar murah banyak diserbu warga yang sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga.

Beberapa jenis bahan kebutuhan pokok yang banyak dibeli warga di pasar murah tersebut antara lain minyak goreng, gula pasir, telur ayam, tepung terigu, beras dan juga berbagai jenis minuman ringan.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Taming Tombolotutu mengatakan pasar murah itu untuk memberikan kesempatan bagi warga Kota Palu untuk mendapatkan harga kebutuhan pokok lebih murah dalam menghadapi Ramadhan dan hari raya.

Pemkot Palu, kata dia, setiap kali menghadapi Ramadhan dan Lebaran melaksanakan pasar murah sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga Kota Palu, apalagi pasca-gempabumi, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi pada 28 September 2019, banyak warga yang terdampak bencana alam.

Ada banyak warga yang kehilangan rumah dan harta benda akibat bencana alam sehingga kemampuan daya beli menjadi berkurang. "Inilah salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah daerah terhadap warga Kota Palu dengan melaksanakan pasar murah," kata Taming.

Rata-rata harga bahan kebutuhan pokok dan barang yang dijual di pasar murah lebih rendah dari harga pasar.  Harga gula pasir, misalnya hanya Rp11.000 per kilogram, minyak goreng Rp11.500 per liter dan beras Rp8.500 per kilogram.

Beberapa ibu mengatakan pasar murah sangat membantu karena harga relatif rendah. "Jadi kesempatan baik bagi warga untuk membeli berbagai kebutuhan Ramadhan dan Lebaran," kata Ny Yuni, seorang ibu rumah tangga.

Hal senada juga disampaikan Ny Jafar, warga Jalan Banteng, Palu Selatan. Ia juga mengatakan kegiatan ini sangat menolong warga, terutama yang kurang mampu bisa membeli berbagai kebutuhan sehari-hari dan juga hari raya dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: Bulog: Pasar murah efektif jaga stabilisasi harga kebutuhan pokok

 

Kilas NusAntara Siang

Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019