Padang, (ANTARA) - PT Pertamina MOR I mengoperasikan SPBU kantong yang menggunakan truk tangki BBM, untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi bahan bakar minyak menjelang Lebaran 2019.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo melalui keterangan persnya di Padang, Senin mengatakan SPBU kantong berbentuk mobil tangki yang disiagakan di SPBU untuk menambah kapasitas stok SPBU.

Ia mengatakan ada dua SPBU kantong yang ditempatkan masing-masing di SPBU Bypass dan SPBU Juanda yang merupakan jalur utama kota itu pada Sabtu (25/5) hingga Minggu (26/5).

Kemudian SPBU kantong akan dioperasikan di SPBU Tabing dan SPBU Panjang Kapuh pada Jumat (31/05) hingga Minggu (2/6).

Ia mengatakan Pertamina mencatat lonjakan kebutuhan bahan bakar jenis premium hingga 40 persen sehingga SPBU kantong langsung diaktifkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kedua SPBU kantong memiliki kapasitas total 32.000 liter. Ini menambah stok premium di masing-masing SPBU sebanyak 16.000 liter," katanya.

Ia menjelaskan SPBU kantong mendapatkan suplai bahan bakar dari TBBM Teluk Kabung.

Untuk Stok BBM di TBBM tersebut mampu memenuhi kebutuhan konsumen hingga 15 hari ke depan.

Selain premium, produk BBM berkualitas seperti pertamax juga membukukan peningkatan konsumsi.

Pihaknya mencatat sejak 1 hingga 24 Mei 2019 penyaluran pertamax bertambah dua persen atau 44.000 liter per hari dibandingkan rata-rata konsumsi April 2019.

Disamping menyiapkan pasokan BBM, Pertamina juga melayani para pemudik melalui Rumah Pertamina Siaga. Fasilitas ini menyediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya.

Lokasinya sendiri terletak di jalur trans Sumatera, yaitu SPBU Kabupaten 50 Kota.

"Demi meningkatkan keamanan berkendara kami sarankan pemudik untuk rehat secukupnya, Rumah Siaga Pertamina sendiri akan mulai beroperasi pada H-5 hingga H-1 sebelum Lebaran," kata dia.

Baca juga: Pertamina: Pasokan BBM di Sumbar Kembali Normal

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019