Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sekitar 750 kursi bagi masyarakat yang mengikuti mudik gratis melalui program "Paman Birin Peduli" pada Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiansyah di Banjarmasin Senin mengatakan, tahun ini Gubernur Sahbirin Noor yang biasa disapa Paman Birin, meminta pihaknya melaksanakan program mudik gratis.

Program mudik gratis "Paman Birin Peduli" tersebut, tambahnya, mulai dilaksanakan pada 30 Mei hingga 2 Juni 2019, dengan tujuan dari Banjarmasin ke daerah Hulu Sungai hingga Tanjung dan Banjarmasin hingga Kotabaru.

Masyarakat yang mengikuti program mudik gratis tersebut, tambah dia, dari Banjaramsin bisa datang ke tugu O kilometer atau di depan kantor Gubernur Kalsel yang lama.

Sedangkan yang berangkat dari Banjarbaru, bisa datang ke daerah Lapangan Murjani.

"Melaksanakan program ini, masing-masing dinas di Pemprov Kalsel, telah menyiapkan satu mobil HIS yang mampu membawa penumpang hingga 15 orang setiap mobil," katanya.

Menurut Rusdianyah, total mobil yang diberangkatkan, tidak kurang dari 50 mobil dengan kapasitas 750 tempat duduk. Selain HIS, tidak menutupkan kemungkinan Pemprov juga akan memberangkatkan bus yang ada.

Saat ini, yang telah mendaftar melalui Biro Umum Pemprov Kalsel, untuk mengikuti mudik gratis telah mencapai 650 orang dan diperkirakan akan terus bertambah.

Sedangkan untuk arus baliknya, tambah Rusdiansyah usai mengiktui rapat koordinasi pemantapan arus mudik baik udara, darat dan laut, akan mulai pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019.

Khusus arus balik, tambah dia, akan dibantu oleh Dishub masing-masing kabupaten dan kota.

Menurut Rusdiansyah, mudik gratis tersebut, juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan saat arus mudik maupun arus balik, yang biasa banyak terjadi bagi pengendara sepeda motor.

Tentang persiapan angkutan umum untuk arus mudik darat, tambah dia, sudah sangat memadai.

Pada dasarnya, tambah dia, armada yang tersedia dengan penumpang arus mudik, masih mencukupi bahkan lebih, sehingga Insya Allah, tidak akan ada persoalan yang berarti.

Rapat koodinasi diikuti oleh seluruh pihak terkait, baik dari Angkasa Pura, Pelindo maupun KSOP, Dishub dan lainnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel siapkan mudik gratis dengan mobil dinas
Baca juga: Untuk angkutan mudik, legislatif harapkan pemkab mengantisipasi

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019