Makassar (ANTARA) - Summarecon Mutiara Makassar menghadirkan Ustadz Solmed untuk mengisi ceramah tarawih dan buka puasa bersama anak yatim piatu di kawasan Perumahan Summarecon Mutiara Makassar, Senin.

"Momen ini untuk mendekatkan diri dengan masyarakat Makassar, sekaligus memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melihat rumah contoh, hunian yang menyiapkan beragam fasilitas," kata Direktur Summarecon Syarif Benyamin di sela kegiatan tersebut.

Pada kegiatan itu Ustadz Solmed memberikan tausyiah dengan tema "Iman dan Taqwa dalam Bekerja di Bulan Ramadhan".

Menurut Ustadz Solmed, Muslim yang bekerja untuk menafkahi dan menghidupi keluarganya merupakan ibadah, sehingga bagi yang bekerja dan tetap berpuasa maka imannya akan bertambah. Namun bagi yang pekerjaannya berat seperti kuli bangunan, buruh harian dan sebagainya diberikan keringanan.

"Allah SWT memberikan keringanan bagi yang bekerja berat untuk tidak berpuasa pada bulan suci Ramadhan, namun wajib menggantinya di hari lain di luar bulan suci Ramadhan," katanya.

Dia mengatakan, dengan bekerja di bulan suci Ramadhan, sesungguhnya itu untuk menguji keimanan dan ketaqwaan seorang Muslim.

Ia juga menyampaikan betapa pentingnya rumah bagi umat Muslim, karena selain sebagai tempat beristirahat setelah bekerja, rumah juga dibangun untuk memperoleh rasa aman dan nyaman.

"Sebagaimana Nabi Muhammad SAW mengatakan, 'baiti jannati' atau rumahku adalah surgaku," katanya.

Karena itu, dengan konsep rumah yang ditawarkan Summarecon Mutiara Makassar, Ustadz Solmed menilai, itu sudah melebih dari rumah yang digambarkan nabi, sehingga penghuni rumah harus pandai-pandai mensyukuri nikmat duniawi yang diperolehnya.

Baca juga: ACT-Maybank Syariah Makassar santuni ratusan anak yatim
Baca juga: PDAM Makassar kunjungi panti asuhan melalui safari Ramadhan
Baca juga: Pelindo IV bagikan 2.000 paket sembako murah

 
Ustadz Solmed disela buka puasa bersama anak yatim piatu dan ceramah taraweh di kawasan Perumahan Summarecon Mutiara Makassar, Senin (27/05/2019). ANTARA Foto / Suriani Mappong

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019