Magelang (ANTARA) - Masyarakat dan para pemudik di Kota Magelang, Jawa Tengah harus bisa merasakan keamanan dan kenyamanan, terutama saat merayakan Lebaran 2019 di daerah itu, kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

"Oleh karena itu, kita mendukung upaya aparat dalam menjamin keamanan momen hari raya umat Islam, khususnya di Kota Magelang," kata dia saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2019 tingkat Kota Magelang di alun-alun setempat di Magelang, Selasa.

Upaya mewujudkan keamanan dan kenyamanan warga dalam berlebaran di kota itu, kata dia, termasuk menyangkut pengaturan arus lalu lintas yang melewati daerah setempat.

Gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2019 di daerah setempat itu, diikuti personel Polres Magelang Kota, TNI, Dinas Perhubungan, UPTD Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat, PSC 119, PMI Kota Magelang, dan Pramuka.

"Ini tidak lain agar masyarakat merasakan aman dan nyaman saat merayakan Lebaran," kata dia dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang.

Ia juga berpesan kepada masyarakat setempat untuk merayakan Lebaran 2019 secara wajar atau sederhana karena saat ini waktunya bersamaan dengan tahun ajaran baru bagi anak-anak sekolah.

"Tidak perlu berlebihan merayakan Lebaran, sederhana saja, prioritas pendidikan anak-anak kita demi masa depan mereka," katanya.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi mengatakan dalam Operasi Ketupat Candi selama 29 Mei hingga 10 Juni 2019 di daerah itu, pihaknya menurunkan 322 personel dibantu unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

Operasi itu meliputi operasi kemanusiaan mengenai keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Ia mengatakan fokus operasi kepada perpindahan orang dan barang, arus mudik, pengamanan pertokoan, pasar-pasar yang menjadi tempat keramaian warga, termasuk pengamanan pelaksanaan Salat Idul Fitri di berbagai masjid maupun lapangan terbuka.

Kepolisian setempat mendirikan setidaknya lima pos pengamanan, antara lain di Terminal Tidar, Simpang Kebonpolo, Alun-Alun Kota Magelang, Simpang "shopping" dan Simpang Hotel Trio.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Magelang dan Pemkab Magelang untuk antisipasi kemacetan arus lalu lintas di kawasan perbatasan dengan daerah tetangga itu.

Baca juga: Dishub Kota Magelang siapkan 1.222 angkutan LebaranBaca juga: Jelang Lebaran, uji kelayakan dilakukan di pasar modern Kota Magelang

 

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019