Kuota angkutan motor gratis di Daop 6 Yogyakarta ditambah

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Sejumlah sepeda motor, yang mengikuti program angkutan motor gratis Lebaran 2019, dimasukkan ke dalam kereta di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. (Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Kuota angkutan sepeda motor dengan menggunakan angkutan kereta api secara gratis pada masa angkutan Lebaran 2019 di Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ada kenaikan kuota sekitar 100 unit sepeda motor dibanding realisasi pengangkutan sepeda motor pada masa angkutan Lebaran 2018," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Selasa.

Pada masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyiapkan kuota untuk sepeda motor yang akan diberangkatkan sebanyak 1.958 unit atau naik dibanding realisasi pada 2018 sebanyak 1.865 unit.

Sedangkan sepeda motor yang diturunkan di sejumlah stasiun yang berada di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga mengalami kenaikan yaitu menjadi 1.936 unit dari realisasi tahun lalu sebanyak 1.844 unit sepeda motor.

"Sepeda motor ini diturunkan di tiga stasiun di Daop 6 yaitu di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten dan Stasiun Purwosari," kata Eko.

Angkutan motor gratis selama masa angkutan Lebaran 2019 akan diselenggarakan selama 13 hari yaitu dari 27 Mei hingga 2 Juni untuk masa arus mudik, dan pada 8-13 Juni untuk masa arus balik. "Masyarakat dapat memanfaatkan program ini karena banyak keuntungannya yaitu biayanya gratis. Biasanya, untuk mengirim sepeda motor ke Jakarta dibutuhkan biaya sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000," katanya.

Pada Selasa, puluhan sepeda motor yang mengikuti program angkutan motor gratis tiba di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta yaitu sebanyak 79 sepeda motor dari arah Jakarta dan satu unit sepeda motor dari arah Surabaya.

Selain menurunkan sepeda motor, juga ada 23 sepeda motor yang dinaikkan dengan berbagai tujuan di Surabaya dan Pekalongan serta 33 sepeda motor yang dinaikkan dengan berbagai tujuan di arah barat seperti Cirebon, Kroya, Purwokerto dan Jakarta.

Masyarakat yang masih ingin menggunakan angkutan motor gratis untuk arus balik, dapat melakukan pendaftaran di stasiun-stasiun persinggahan hingga 12 Juni.

Sejumlah syarat untuk bisa mengikuti program motor gratis adalah bisa menunjukkan tiket kereta api, bus atau travel atas nama peserta angkutan motor gratis. Sepeda motor diserahkan paling lambat satu hari sebelum hari keberangkatan.

"Spion sepeda motor dilepas, dan tangki bensin dikosongkan. Helm tidak diperkenankan untuk diangkut bersama dengan sepeda motor," katanya.

Baca juga: Daop Yogyakarta: Tiket kereta eksekutif masih tersedia banyak
Baca juga: Kemenhub siapkan angkutan motor gratis Lebaran 2019

Kapasitas angkutan motor gratis 19.136 motor

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019