Empat menteri tinjau jalur mudik lintas Nagreg dan Limbangan

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Menko PMK Puan Maharani (tengah) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri) meninjau kesiapan mudik lebaran jalur selatan di Simpang Nagreg Cikaledong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj/pri
Garut (ANTARA) - Empat menteri meninjau jalur mudik lintas Nagreg di Kabupaten Bandung dan Limbangan di Kabupaten Garut sebagai jalur lintas selatan Jawa Barat menjelang kesiapan pengamanan sebelum dan sesudah Lebaran di jalur itu, Rabu.

Empat menteri bersama rombongannya itu datang menggunakan tiga helikopter yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Para menteri itu langsung meninjau kawasan jalur Nagreg kemudian memeriksa kondisi pos pelayanan yang dibangun di pertigaan jalan kawasan Cikaledong.

Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, pengecekan jalur mudik ini sebagai upaya memastikan seluruh jajaran termasuk fasilitas jalur sudah siap untuk memberikan pelayanan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.

"Memantau bagaimana kesiapan arus mudik yang akan mulai dilakukan masyarakat mulai hari ini," kata Puan saat meninjau jalur di Nagreg.

Ia menyampaikan, jalur mudik di selatan harus dipastikan siap, mulai dari keamanannya hingga posko-posko untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kesiapan jalur tersebut, kata dia, tidak hanya di jalur Nagreg saja tetapi dipastikan semua jalur mudik dalam kondisi siap dan semua jajaran harus maksimal dalam melaksanakan tugas pengaturannya.

"Jalur di Garut sudah harus dipersiapkan dari mulai Nagreg, Limbangan, Tasik dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan, upaya kepolisian dalam mengatur arus lalu lintas kendaraan di antaranya dengan melakukan kanalisasi, pemberlakuan satu arah, dan penggunaan jalur alternatif.

Selain itu, kata dia, memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat seperti menyiapkan posko kesehatan, sehingga mudik berjalan lancar dan aman.

"Untuk kesehatan juga sudah disiapkan, posko-posko juga sudah disiapkan," katanya.

Presiden Jokowi ingin Amerika hargai kepentingan negara Muslim

Pewarta:
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019