Banjarmasin (ANTARA) - Beberapa maskapai penerbangan membuka rute baru dari Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin tujuan Solo, Pontianak dan Balikpapan menjelanv Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.

Manajer Operasi Bandara Syamsudin Noor Ruly Artha di Banjarmasin Rabu mengatakan, maskapai yang membuka rute baru tersebut yaitu Nam Air rute Banjarmasin - Solo dan Solo - Banjarmasin.

Selain itu, Nam Air juga akan membuka penerbangan dari Banjarmasin - Pontianak dan Pontianak - Banjarmasin.

Rute ini merupakan rute baru, yang diharapkan akan mampu memenuhi tuntutan tingginya permintaan pasar di daerah tersebut.

Diharapkan rute penerbangan baru tersebut, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mudik dengan waktu lebih cepat.

Selain itu, pihaknya juga berharap rute tersebut dapat mengembangkan perekonomian daerah.

Selain Nam Air, Trans Nusa juga membuka penerbangan dari Banjarmasin ke Balikpapan begitu juga sebaliknya.

Diharapkan, melalui penambahan jumlah penerbangan tersebut, kebutuhan angkutan Lebaran Idul Fitri 2019 melalui angkutan udara bisa terpenuhi dengan baik.

"Penambahan penerbangan tersebut sebenarnya untuk penerbangan reguler, tetapi dibuka menjelang lebaran," katanya.

Selain ada pembukaan rute baru dan penambahan maskapai baru, kata Ruly, beberapa maskapai seperti Lion Air, juga telah mengajukan penerbangan extra dari Banjaramsin-Surabaya dan Banjarmasin-Semarang.

Kendati jumlah penumpang angkutan udara tidak terlalu banyak seperti tahun sebelumnya, akibat kenaikan harga tiket, tambah dia, namun masih terjadi peningkatan jumlah penumpang.

"Memang banyak penumpang angkutan udara yang beralih ke angkutan laut, namun lonjakan penumpang masih tetap terjadi," katanya.

Pada 2018, kata dia, menjelang lebaran seperti saat ini, kedatangan dan keberangkatan pesawat baik mencapai 90, namun kini tinggal 70 penerbangan saja.

Terkait persiapan arus mudik dan balik, tambah dia, Bandara Syamsuddin Noor telah melakukan pembenahan, antara lain, penambahan ruang tunggu, terutama bagi penumpang dari luar daerah.

"Biasanya banyak penumpang dari luar daerah, yang datang sejak dini hari, atau beberapa jam sebelum terbang, sehingga kami siapkan ruang tunggu tambahan," katanya.

Baca juga: Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin miliki masjid baru
Baca juga: Kabut asap tunda 7 penerbangan di Syamsudin Noor Kalsel
Baca juga: Bandara Syamsudin Noor siap layani penerbangan haji

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019