Jamkrindo berangkatkan 1.700 peserta mudik gratis BUMN

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra membagikan hadiah kepada para pemudik program Mudik Bareng BUMN di kapal KM Dorolonda yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (29/5/2019). (ANTARA/Aji Cakti)
Jakarta (ANTARA) - Perum Jaminan Kredit Indonesia atau Jamkrindo memberangkatkan 1.700 peserta Mudik Bareng BUMN 2019 menggunakan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal laut ke sejumlah wilayah Indonesia, seperti Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan Mudik Bareng BUMN ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN melalui sinergi BUMN.

"Perum Jamkrindo berkomitmen untuk memfasilitasi mudik yang aman dan nyaman bagi para peserta Mudik Bareng BUMN tahun 2019. Semoga Mudik bisa berjalan lancar, dan pemudik pun mendapat kenyamanan," kata Randi Anto dalam pelepasan peserta mudik di kantor pusat Perum Jamkrindo, Jakarta, Rabu.

Pada tahun ini, Perum Jamkrindo memberangkatkan 500 peserta mudik menggunakan kereta api, 500 pemudik menggunakan kapal dan 700 pemudik menggunakan bus.

Pelepasan peserta mudik dihadiri oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian Badan Usaha Milik Negara Hambra Samal.

Adapun pada Kamis esok hari (30/5), akan dilakukan pelepasan Mudik Bersama BUMN serentak yang rencananya dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini Soemarno di Gelora Bung Karno.

Hambra Samal menjelaskan bahwa 104 BUMN berpartisipasi dalam penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN 2019 dan siap memberangkatkan lebih dari 250.000 pemudik ke berbagai kota tujuan di Tanah Air.

"Respons masyarakat terhadap program Mudik Bersama BUMN ini sangat positif, terlihat dari terpenuhinya kuota mudik gratis bersama BUMN," kata Hambra.

Randi menjelaskan rute yang menjadi tujuan mudik gratis perum Jamkrindo adalah Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Klaten, Yogyakarta, Malang, Madiun, Surabaya, Bumiayu, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen, Kutoarjo, Purworejo, Padang, Belawan, Bau-bau, Makassar dan Bima.

"Dengan banyaknya alternatif yang ditawarkan, harapannya masyarakat bisa terbantu untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing," kata Randi.

Pada tahun ini Perum Jamkrindo membuka pendaftaran mudik gratis melalui website mudikbumn.co.id yang dibuka pada 3-30 April 2019. Melalui aplikasi tersebut, para calon pemudik bisa melakukan daftar online secara mudah, cepat, dan nyaman.

Selain program mudik bersama, Perum Jamkrindo juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosial berupa pembagian sembako gratis dan santunan kepada yatim piatu.

Penyerahan santunan dilakukan di 10 kota, yakni Banjarmasin, Yogyakarta, Pekanbaru, Kendari, Bandung, Palembang, Surabaya, Malang, Denpasar dan Serang dan dihadiri oleh Direksi Perum Jamkrindo.

"Total ada 4.000 paket sembako gratis dibagikan dan 3.000 anak yatim yang disantuni," kata Randi Anto.

Lebaran masih 2 bulan, kuota mudik bareng BUMN tinggal 3 ribu kursi

Pewarta:
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019