Jakarta (ANTARA) - Berpuasa selama Ramadhan bisa menjadi cara membuat tubuh lebih sehat, tentunya dengan cara menjaga segala asupan nutrisi dan gaya hidup. Konsultan nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan tiga langkah agar tubuh menjadi lebih sehat saat Lebaran tiba.

1. Jaga pola makan

Meski sudah memasuki pekan akhir Ramadhan, jangan lupa tetap menjaga pola makan yang penuh nutrisi. Bisa jadi rasa semangat saat menyiapkan menu sahur dan buka sudah mulai melempem pada akhir Ramadhan, tapi itu bukan alasan menyantap makanan-makanan rendah nutrisi. Pastikan gizi harus terpenuhi untuk menjalani aktivitas selama sehari.

"Jangan cuma minum teh hangat untuk sahur, justru itu membuat kita lapar dan tidak konsentrasi karena nafsu makan meningkat akibat hormon pemicu lapar terlalu tinggi," kata Jansen di Jakarta beberapa waktu lalu.

2. Istirahat

Jadwal buka puasa bersama sudah memenuhi kalender Anda? Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur selama berpuasa. Bila terlalu lama begadang, tubuh akan lebih lelah saat beradaptasi untuk puasa hari berikutnya.

3. Aktif bergerak

Ia juga mengingatkan untuk tidak bermalas-malasan sepanjang puasa. Ketika tubuh tidak aktif bergerak, pikiran akan terus tertuju pada rasa lapar dan waktu menuju petang.

"Kita punya (bagian otak) reptilian brain, fungsi otak untuk bertahan hidup, yang membuat puasa jadi sulit," ujar dia.

Baca juga: Ratna Listy tetap bugar karena puasa nasi setahun

Baca juga: Banyak minum bikin tubuh tetap bugar selama puasa

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019