Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Polres Metro Bekasi, Jawa Barat menyiagakan posko pengamanan (pos pam) dan pos taktis selama arus mudik dan balik lebaran 2019 di wilayah hukum setempat.

"Total kita siapkan 17 pos pam dan sembilan pos taktis di wilayah Kabupaten Bekasi selama arus mudik dan arus balik lebaran 2019," kata Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Luthfie Sulistiawan di Cikarang, Kamis.

Dia menjelaskan, pos-pos tersebut disiapkan guna memantau pergerakan sekaligus mengatur arus lalu lintas selama musim mudik tahun ini.

"Termasuk menjaga keamanan dan memberikan pelayanan kepada para pemudik," katanya.

Di setiap pos yang ada, pemudik dipersilakan bertanya untuk mendapat informasi perihal jalur mudik atau sekedar mampir untuk beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

"Jangan memaksakan diri jika kondisi lelah dan ngantuk. Tetap patuhi aturan dan arahan petugas kami di lapangan. Pemudik dapat memanfaatkan pos kami," ucapnya.

Luthfie melanjutkan, pos pam dan taktis dibangun di tiga jalur mudik setempat yakni Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Jalur Pantura, serta di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Di Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, pos kepolisian tersebar di sejumlah titik di antaranya pos taktis Kalimas, pos pam Yapink, pos taktis TL Legenda, dan pos taktis Hotel Sidney di Kecamatan Tambun Selatan.

Kemudian pos pam Cibuntu dan pos taktis Gandasuka di Kecamatan Cibitung, serta pos taktis Indofood dan pos taktis Tegal Danas masing-masing di Kecamatan Cikarang Barat dan Cikarang Pusat.

Selanjutnya di Jalur Pantura yakni pos pam Indoporlen, pos pam pasar Tambun, dan pos taktis Kompas di Kecamatan Tambun Selatan. Pos pam pasar induk dan pos pam bundaran Gobel di Kecamatan Cibitung, pos taktis Kalijaya dan pos pam Kalijaya di Kecamatan Cikarang Barat.

Pos pam Sentra Grosir Cikarang (SGC) dan pos taktis Lemah Abang, Kecamatan Cikarang Utara, serta pos pam pom bensin PT IBU dan pos pam Kedungwaringin di Kecamatan Kedungwaringin.

"Kalau di ruas tol Japek seluruhnya merupakan pos pam, titiknya di Rest Area KM 19, KM 32, 33, dan Rest Area KM 39," tandas Luthfie.

Baca juga: Dinkes Bekasi bangun 11 posko di tiga lintasan mudik
Baca juga: Dinkes Bekasi siapkan tim monitoring kesehatan pemudik
Baca juga: Pemkab Bekasi larang ASN gunakan mobil dinas untuk mudik

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019