Hal ini​​​​​​​ guna terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan andal
Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) membangun 13 pos pelayanan Idul Fitri 2019  untuk meningkatkan  kesiapsiagaan SAR angkutan Lebaran melalui penanganan kecelakaan saat arus mudik dan balik lebaran.

"Sebanyak 13 pos lebaran yang dibangun itu berada di titik keramaian arus mudik lebaran," kata Kepala Humas Basarnas Ternate, Iksan M Nur di Ternate, Kamis.

Menurut Iksan, dari 13 pos yang dibangun itu, sembilan unit di antaranya berada di Kota Ternate, dua di Kota Tobelo Halmahera Utara dan dua pos lainnya berada di Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Selain itu, Basarnas Ternate akan menyediakan dua pos pada H+1 lebaran Idul Fitri di kawasan objek wisata Pantai Jikomalamo dan Pantai Sulamadaha guna memberikan rasa aman bagi warga yang akan berwisata di tempat tersebut.

Oleh karena itu, kata Iksan, saat ini alat utama yang dimiliki oleh Basarnas Ternate juga ditampilkan sekaligus untuk melakukan pengecekan mengenai kesiapsiagaan alat utama dalam menghadapi bencana  serta kondisi yang membahayakan jiwa manusia di wilayah Malut.

Hal ini guna terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan andal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait seperti Polri, Dinas Perhubungan dan unsur lainnya dalam rangka pemantauan jalur mudik angkutan lebaran secara aman, nyaman dan terkendali, katanya.

Bahkan, Basarnas juga telah menyiagakan kendaraan yang akan digunakan seperti truk personel, rescue truck, jet ski, motor trail dan perahu karet dan diadakan inspeksi secara langsung demi kelancaran tugas saat melaksanakan siaga angkutan lebaran yang dimulai pada 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

"Untuk pelaksanaan siaga SAR khusus arus mudik Lebaran tahun 2019/1440 hijriah akan dimulai dari tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2019, dimana hari H lebaran diperkirakan jatuh pada tanggal 5 dan 6 juni 2019," ujarnya.


Baca juga: Basarnas siapkan tujuh helikopter untuk pengamanan Lebaran
Baca juga: Basarnas siagakan personel di objek wisata jelang Lebaran

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019