Kami akan lakukan berbagai langkah strategis dalam pelayanan dan pengamanan mudik dengan harapan masyarakat bisa melaksanakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman
Muntok, Babel (ANTARA) - Sejumlah instansi di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektor untuk menangani arus mudik Lebaran 2019 agar berjalan sukses.

"Rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Rabu (29/5) tersebut dilaksanakan seiring terjadinya peningkatan jumlah calon penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto di Muntok, Kamis.

Rapat yang dipimpin Kapolres Bangka Barat tersebut dilaksanakan sebagai persiapan dalam menyambut pelaksanaan operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Ketupat 2019.

Melalui rapat koordinasi lintas sektor diharapkan dapat memantapkan sinergi antarlini dalam pelayanan dan pengamanan yang promoter kepada masyarakat.

Tampak hadir dalam rapat koordinasi tersebut sejumlah pejabat di Kabupaten Bangka Barat, antara lain Bupati Bangka Barat, Dandim 0431, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Adpel Muntok, Kepala ASDP Pelabuhan Tanjungkalian dan lainnya.

"Pertemuan tersebut pada dasarnya ingin menyamakan pandangan dan menguatkan sinergisitas dalam pelayanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah," katanya.

Dalam kesempatan itu juga dibahas adanya prediksi peningkatan jumlah pemudik yang akan menyeberang maupun yang datang di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

Penumpang orang dan kendaraan diprediksi meningkat signifikan yang dipengaruhi tingginya harga tiket pesawat dan dibukanya sejumlah tol di Pulau Sumatera sehingga banyak pemudik yang memilih jalur darat.

"Kami akan lakukan berbagai langkah strategis dalam pelayanan dan pengamanan mudik dengan harapan masyarakat bisa melaksanakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman," katanya. 

Baca juga: Pemkab Bangka Barat matangkan persiapan pelayanan arus mudik

Baca juga: Polres Bangka Barat siapkan empat posko mudik

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019