Jalan trans-Kalimantan memadai untuk angkutan mudik

Government sets beginning of fasting on May 6
Salah satu sudut jalur Trans Kalimantan (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)
Banjarmasin (ANTARA) - Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel)  Supian HK berpendapat, jalan trans-Kalimantan dan jalan nasional (negara) yang terdapat di provinsinya sekarang sudah relatif baik dan memadai untuk angkutan mudik.

"Begitu pula jalan provinsi di Banua (daerah) kini relatif baik, sehingga tidak akan terlalu mengganggu angkutan mudik Idul Fitri 1440 Hijriah," ujar politikus senior Partai Golkar itu  di Banjarmasin, Kamis.

Ia mengemukakan pendapatnya sesudah menyertai safari Ramadhan 1440 H Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor ke kabupaten di provinsi tersebut dalam dua pekan belakangan ini.

Sebagai contoh pada jalan nasional antara Tanjung (236 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Tabalong dengan Paringin (217 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Balangan, kini kondisinya cukup baik.

"Memang sebelumnya jalan antara Tanjung - Paringin itu rusak dan banyak lobang. Tetapi kini sudah ada perbaikan," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/ Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong tersebut.

"Informasi yang kami terima kondisi jalan ke arah timur Kalsel juga relatif baik, dan kalau pun ada yang rusak, kerusakannya tidak terlalu parah sehingga tidak terlalu mengganggu angkutan lebaran pula," tuturnya.

Oleh sebab itu, Komisi III DPRD Kalsel bukan saja mengapresiasi, tetapi berterima kasih kepada pemerintah provinsi (Pemprov) setempat serta instansi terkait yang cepat tanggap melakukan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan walaupun dengan cara tambal sulam untuk sementara waktu.

"Kita berharap dengan perbaikan jalan yang rusak tersebut angkutan Lebaran 1440 H di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota berjalan lancar. Lebih dari itu, para pemudik aman dan selamat sampai tujuan hingga kembali," demikian Supian HK.

Jalan nasional atau jalan trans-Kalimantan di Kalsel untuk arah Utara itu hingga wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), serta beberapa kota kabupaten pedalaman Kalimantan Tengah (Kalteng) di hulu Sungai Barito.

Sedangkan jalan trans- Kalimantan di Kalsel yang mengarah timur juga mengakses ke "Bumi Mulawarman" Kaltim, dan arah barat menuju "kota cantik" Palangkaraya, ibu kota Kalteng atau "Bumi Tambun Bungai" dengan motto daerahnya "Isen Mulang" (pantang mundur).


Baca juga: Menhub-Dubes Rusia bahas kereta trans Kalimantan
Baca juga: Jalur mudik Trans Kalimantan perlu pengamanan ekstra
 

Dorong Pemda Fokus Ekonomi Peternakan

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019