Bersama Menteri BUMN, Jamkrindo lepas Mudik Bareng di GBK

Ramadhan 2021: Istiqlal Mosque holds first tarawih prayers
Pelepasan mudik gratis bareng BUMN pada musim Lebaran 2019 di GBK Senayan, Jakarta, Kamis. (Perum Jamkrindo)
Jakarta (ANTARA) - Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berpartisipasi dalam seremonial pelepasan peserta Mudik Bareng BUMN 2019 yang secara serentak digelar di Gelora Bung Karrno (GBK) Senayan, Jakarta, bersama Menteri BUMN Rini Soemarno.

Bersinergi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero), Perum Damri dan PT KAI Persero sebagai penyedia transportasi, Perum Jamkrindo tahun ini memberangkatkan sebanyak 1.700 pemudik menggunakan moda transportasi kapal laut, kereta api dan bus.

"Dengan banyaknya alternatif yang ditawarkan, harapannya masyarakat bisa terbantu untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing," kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto dalam seremonial pelepasan peserta mudik bareng BUMN di GBK Senayan, Jakarta, Kamis.

Pada tahun ini, Perum Jamkrindo memberangkatkan 500 peserta mudik menggunakan kereta api, 500 pemudik menggunakan kapal dan 700 pemudik menggunakan bus.

Randi mengatakan total ada 18 rute mudik yang difasilitasi oleh Jamkrindo sebagai BUMN yang memiliki misi menjadi pilihan utama pelaku usaha dalam layanan penjaminan untuk mendukung pertumbuhan dan pemerataan perekonomian nasional itu.

Ada pun rute yang menjadi tujuan mudik gratis perum Jamkrindo adalah Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Klaten, Yogyakarta, Malang, Madiun, Surabaya, Bumiayu, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen, Kutoarjo, Purworejo, Padang, Belawan, Bau-bau, Makassar dan Bima.

Pada tahun ini Perum Jamkrindo membuka pendaftaran mudik gratis melalui website mudikbumn.co.id yang dibuka pada 3-30 April 2019. Melalui aplikasi tersebut, para calon pemudik bisa melakukan pendaftaran daring secara mudah, cepat, dan nyaman.

Salah satu peserta mudik bareng Perum Jamkrindo, Medelina Lona, mengucapkan rasa bahagianya bisa difasilitasi untuk pulang ke kampung halaman.

Program mudik gratis ini menurut dia merupakan program yang memang ditunggu-tunggu setiap tahun oleh masyarakat.

"Sangat terbantu sekali dengan adanya mudik gratis ini. Semoga tiap tahun program semacam ini akan selalu ada," katanya.

Baca juga: Jamkrindo berangkatkan 1.700 peserta mudik gratis BUMN
Baca juga: Jamkrindo bantu pengembangan UMKM kopi Bali

 

PT Jasa Raharja bagikan seribu masker gratis di Pelabuhan Ternate

Pewarta:
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019