Kalau angkutan biasa ongkos sudah mencapai Rp300 ribu, kalau mudik bareng BUMN kan gratis
Jambi (ANTARA) - PTPN VI Jambi memberangkatkan sebanyak 1.120 pemudik secara gratis menggunakan bus menuju empat daerah dalam program BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 1440 H/2019 yang merupakan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Pemberangkatan mudik gratis itu dilepas langsung oleh Asisten III Setda Pemprov Jambi Sudirman mewakili Gubernur Jambi, bersama Direksi PTPN VI Jambi, Wali Kota Jambi dan Waka Polda Jambi di Kantor PTPN VI, Jambi, Kamis.

Dalam program mudik gratis bersama BUMN tahun ini, PTPN VI menyiapkan 38 armada bus dan minibus dengan tujuan Kerinci, Medan, Padang Sidempuan dan Padang.

Ketua Panitia Mudik Gratis PTPN VI, Eka Nugraha mengatakan peserta mudik ke Medan sebanyak 480 orang, ke Padang Sidempuan sebanyak 320 orang, ke Padang 230 orang dan Kerinci 90 orang.

"Program mudik gratis ini menambah semangat pemudik di perjalanan ketika menuju kampung halaman," kata Eka.

Dia berharap perjalanan pemudik bisa aman dan selamat sampai tujuan, apalagi tim medis juga sudah memeriksa kesehatan pemudik sebelum diberangkatkan.

"Terima kasih kepada pemudik atas kerja samanya mulai dari pendaftaran hingga keberangkatan. Semoga perjalanan ini menyenangkan dan tidak ada kendala hingga ke tujuan. Selamat bersilatuhrahmi," ujar Eka.

Sementara itu Direksi PTPN VI, Amin Sembiring sebelum pelepasan peserta mudik BUMN itu, mengatakan program mudik gratis tersebut merupakan kali kedua yang digelar PTPN VI. Tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta mudik dari tahun sebelumnya yang diikuti 900-an orang.

"Ini wujud nyata program BUMN Hadir Untuk Negeri, dimana sedikit laba yang didapat bisa disalurkan ke kegiatan sosial seperti mudik bareng ini juga diharapkan program yang baik itu terus menjadi agenda rutin tiap tahunnya karena bermanfaat untuk masyarakat banyak," katanya.

Peserta mudik gratis juga sudah didaftarkan asuransinya hingga plus 14 hari. Jika terjadi kecelakaan maka itu ditanggung Jasa Raharja, ujarnya.

Sedangkan Asisten III Pemprov Jambi mewakili Gubernur Jambi, Sudirman mengapresiasi program mudik bareng BUMN oleh PTPN VI, karena sangat membantu masyarakat Jambi dalam perjalanan pulang kampung dan membantu mengurai kemacetan.

"Mudik gratis meringankan dan membantu masyarakat Jambi. Pesan saya kepada supir bus untuk memperhatikan kenyamanan dan keselamatan peserta mudik, jangan kebut-kebutan dan ugal-ugalan di jalan," kata Sudirman.

Program PTPN diharapkan memberikan berkah dan manfaat bagi masyarakat dan dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya,  katanya menambahkan.

Sedangkan salah satu pemudik tujuan Padang, Hengki mengakui senang menjadi peserta mudik gratis bareng BUMN itu, karena bisa menghemat biaya perjalanan.

"Kalau angkutan biasa ongkos sudah mencapai Rp300 ribu, kalau mudik bareng BUMN kan gratis. Ini sangat membantu saya khususnya," kata Hengki,   karyawan perusahaan di Jambi.

Menurut dia, untuk menjadi peserta mudik gratis prosesnya sangat mudah dan gampang.

"Mudah-mudahan ini berlanjut, ada setiap tahun, jadi masyarakat sangat terbantu sekali. Apalagi kalau naik angkutan udara, harga tiket pesawat mahal," katanya lagi.


Baca juga: Peruri berangkatkan gratis 1.050 pemudik Lebaran 2019
Baca juga: Pelindo IV siapkan 21 pelabuhan layani mudik gratis


 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Dodi Saputra
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019