Banjarmasin (ANTARA) - Puncak kedatangan penumpang untuk mudik melalui Terminal Kilometer enam (KM-6) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan diprediksi akan berlangsung pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala UPT Terminal KM-6 Banjarmasin A Husaini di Banjarmasin, Kamis, mengatakan untuk saat ini atau H-6 belum terjadi lonjakan kedatangan penumpang.

"Suasana terminal saat ini belum begitu banyak kedatangan penumpang, mungkin H-3 atau H-2 puncaknya nanti," ujarnya.

Menurut dia, puncak kedatangan penumpang diprediksi akan mencapai ribuan orang untuk seluruh tujuan.

Terutama, lanjut A Husaini, untuk penumpang tujuan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) pada dua tujuan, yakni, Banjarmasin ke wilayah Hulu Sungai atau Banua Enam dan Banjarmasin ke wilayah Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Sementara, kata dia, untuk tujuan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) akan terus ada peningkatan sejak H-6 ini hingga puncaknya H-3 nanti.

"Saat ini ada sedikit peningkatan kedatangan penumpang untuk tujuan antar provinsi ini," tuturnya.

A Husaini menyebutkan, untuk armada bus antar provinsi ini, yakni, Banjarmasin tujuan Samarinda, Kalimantan Timur (Katim) dan Banjarmasin tujuan Palangkaraya-Sampit- Pangkalanbun, Kalimantan Tengah (Kalteng) mencukupi.

"Kalau armada kita jamin mencukupi, ada ratusan yang siap," ujarnya.

A Husaini menyebutkan juga, untuk pengamanan terminal menjelang arus mudik Lebaran ini, sudah dilaksanakan dengan adanya posko pengamanan mudik.

Menurut Anggota Husaini, posko yang dibangun itu adalah posko terpadu, yakni, petugas dishub provinsi, dishub kota, BPTD Willayah XV Kalsel, Polsek, Koramil.

"Dibantu juga instansi penunjang, yakni, dinkes provinsi, Balai Kesehatan Penyakit menular RI dan Puskesmas," demikian kata A Husaini.

Baca juga: Puncak arus mudik Pelabuhan Ambon 2 Juni

Baca juga: Puncak arus mudik di jalan lintas Sumatera pada H-4

Pewarta: Sukarli
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019