Toboali, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluaga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiagakan 34 orang tenaga kesehatan untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran2019/Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Petugas kesehatan ini disiagakan di posko pelayanan Pelabuhan Sadai, Tugu Nanas Tikung, Pasar Toboali dan Bencah," Kata Kepala DKPPKB Bangka Selatan Supriyadi di Toboali, Kamis.

Ia mengatakan, pada masing masing posko kesehatan tersebut, pihaknya menyiagakan delapan orang tenaga kesehatan yang akan melayani masyarakat saat mudik Lebaran.

"Petugas kekesehatan yang disiagakan ini terdiri dokter, perawat dan sopir, namun pada perinsipnya seluruh tenaga kesehatan di semua sarana pelayanan kami selalu 'stand by' dan siap untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, " katanya.

Selama posko pelayanan kesehatan tersebut, pihaknya hanya akan memberikan pelayanan kegawatdarutan saja seperti penanganan kecelekaaan secara mendadak dan lain sebagainya.

Sementara itu, pelayanan kesehatan lainnya yang tidak bisa diatasi di Posko Pelayanan, seperti kecelakaan parah dan membutuhkan penanganan yang secara intensif akan diarahkan ke sarana kesehatan terdekat.

Untuk itu, setiap puskesmas yang dilewati rute mudik Lebaran disuruh siaga apabila terjadi keadaan gawat darurat.

"Kami berharap semoga mudik lebaran tahun ini dapat berlangsung lancar tanpa mengalamu hambatan apapun, sehingga seluruh masyarakat yang mudik dapat berlebaran di kampung halamannya," kata Supriyadi.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019