Padang, (ANTARA) - Ketua BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar Iqra Chissa mengajak masyarakat untuk melihat dampak positif kenaikan harga tiket pesawat terutama bagi angkutan transportasi darat dan laut.

"Kita merekomendasikan agar harga tiket pesawat ini dapat diturunkan sedikit namun tidak jatuh sekali agar maskapai tidak merugi dan jasa transportasi darat dan laut tetap hidup," kata dia di Padang," kata dia.

Ia mengakui kenaikan harga tiket pesawat sangat mempengaruhi perekonomian Sumbar yang bergantung pada pariwisata.

"Hal ini sangat terasa sekali dan berpengaruh terhadap perekonomian terutama pengusaha jasa travel dan pariwisata," katanya.

Semenjak harga tiket naik, bandara terlihat sepi bahkan ada pengurangan tenaga kerja yang dilakukan oleh pihak bandara.

"Ini tentu sebuah masalah yang harus dipecahkan bersama oleh pemerintah dan pihak terkait," katanya.

Di sisi lain, untuk angkutan darat sendiri ini menjadi berkah karena masyarakat mulai menjatuhkan pilihan menggunakan jasa mereka kembali setelah sekian lama tidak bergairah.

"Bahkan ada perusahaan jasa transportasi darat yang menambah unit sejak kenaikan tiket dan ini tentu positif bagi mereka," katanya.

Selain itu jasa transportasi laut juga bergairah sehingga terjadi pemerataan terhadap seluruh jasa angkutan yang ada.

"Kami meminta agar tiket pesawat ini dapat lebih ditekan sedikit sehingga masyarakat memiliki opsi lebih dalam menggunakan jasa angkutan baik darat, laut dan udara," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019