AP I siapkan angkutan mudik gratis tiap tahun

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Direktur Utama PT AP I (Persero) Faik Fami (dua kiri) dan Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT AP I Devy Suradji (kiri) saat melepas mudik bareng yang diikuti 23.520 orang menggunakan 63 bus dengan jurusan Semarang, Yogyakarta, Solo, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya, Jumat (31/5/2019). (ANTARA/Ahmad Wijaya)
Jakarta (ANTARA) - Jajaran direksi PT Angkasa Pura I (Persero) akan menyiapkan angkutan mudik dan balik gratis saat Lebaran setiap tahun untuk mengakomodasi masyarakat yang menginginkan pulang kampung dan bertemu keluarga.

"Tahun ini adalah tahun kedua bagi kami menyediakan angkutan mudik gratis Lebaran dan diharapkan program ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya golongan menengah ke bawah, untuk bisa mudik," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi kepada pers di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakan usai acara pelepasan mudik gratis di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, yang diikuti 23.520 orang menggunakan 63 bus dengan jurusan Semarang, Yogyakarta, Solo, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya. Tahun lalu bus yang mengangkut mudik gratis adalah 50 bus. Hadir dalam acara itu antara lain Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT AP I Devy Suradji.

Dikatakannya, salah satu tujuan diadakan mudik gratis ini adalah menghindari masyarakat menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi yang bisa menambah kemacetan di jalan raya, bahkan potensi kecelakaan tinggi jika mudik dengan sepeda motor.

Seluruh bus yang diberangkatkan mengangkut pemudik gratis tersebut sebelumnya telah melalui inspeksi keselamatan (ramp check) oleh pihak berwenang, sehingga kendaraan yang digunakan layak jalan dari sisi keselamatan dan kenyamanan.

Faik Fahmi dalam kesempatan itu juga menyempatkan mengecek kenyamanan sejumlah bus yang akan digunakan untuk mengangkut pemudik ke berbagai kota. Fasilitas yang ditinjau adalah ketersediaan mesin pendingin ruangan (AC) serta tempat duduk yang memadai.

Dirut juga berkesempatan menempelkan stiker di kaca kanan depan bus yang menyatakan bahwa bus tersebut sudah layak dari sisi kenyamanan dan sudah tersedia stiker dari Dinas Perhubungan yang menyatakan lulus inspeksi keselamatan.

Selain menyiapkan angkutan gratis menggunakan bus, perseroan juga menyiapkan angkutan gratis menggunakan kapal laut bekerjasama dengan PT Pelni (Persero) yang tahun ini memberangkatkan 1.000 orang. "Program mudik gratis yang kita lakukan ini adalah program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN yang juga diselenggarakan oleh sejumlah BUMN," kata Faik.*

Baca juga: Polres Ngawi siagakan 23 posko amankan jalur mudik Lebaran 2019

Baca juga: Angkutan umum diimbau utamakan keselamatan penumpang

Baca juga: PT KAI Sumut siapkan 424 petugas jaga keamanan angkutan Lebaran

INKA kebut pesanan kereta dari Bangladesh

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019