Jakarta (ANTARA) - Jalanan tol terpantau lengang untuk menuju ke arah Pelabuhan Merak, dari Tol Kebun Jeruk, Jakarta hingga Pelabuhan Merak, Banten membutuhkan waktu 90 menit.

Berdasarkan pantauan Antara, ke Pelabuhan Merak, Banten, Jum'at, kendaraan dapat dipacu hingga rata-rata 90 Km/jam.

Sepanjang jalan dari pukul 14.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB, tidak banyak kendaraan pribadi yang menggunakan jalur tol tersebut.

Pemudik dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak nampak lengang yang didominasi mobil-mobil pribadi.


Dermaga Eksekutif

Sementara itu, ketika tiba di Dermaga 6, atau Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, tidak banyak mobil antre untuk masuk kapal pada pukul 17.00 WIB.

Satu mobil akan dihitung dengan tiket elektronik sebesar Rp579 ribu, sehingga penumpang dengan mobil harus menyiapkan kartu bayar elektronik.

Antrean masuk kapal feri tidak panjang, menurut salah satu petugas masuk pemeriksa tiket, antrean panjang mobil pribadi di dermaga eksekutif terjadi pada Rabu malam lalu.

Dermaga eksekutif pelabuhan merak memiliki fasilitas yang lebih menarik dibandingkan dermaga reguler. Pengunjung akan menikmati fasilitas seperti ruang tunggu di bandara.

Sedangkan waktu tempuh kapal feri hanya memakan waktu 1 jam perjalanan, jika dermaga reguler akan membutuhkan waktu hingga 3 jam.*


Baca juga: Wakapolri tinjau arus mudik di Pelabuhan Merak

Baca juga: Wakapolri perkirakan puncak arus mudik di Merak Sabtu malam

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019