Angka 2.700 pemudik ini adalah suatu peningkatan yang sangat signifikan, mengingat tahun lalu Jasa Marga memberangkatkan 2.100 orang pemudik
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberangkatkan lebih dari 2.700 pemudik dalam program Mudik Bareng BUMN 2019 dengan berbagai tujuan kota di Pulau Jawa.

"Jadi, seluruhnya pada tahun ini Jasa Marga telah memberangkatkan lebih dari 2.700 orang pemudik," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso selaku wakil pembina pelaksanaan Mudik Bareng BUMN dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Heru menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun antusiasme peserta mudik ini selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Angka 2.700 pemudik ini adalah suatu peningkatan yang sangat signifikan, mengingat tahun lalu Jasa Marga memberangkatkan 2.100 orang pemudik. Itu artinya mengalami peningkatan sekitar 28,5 persen," katanya.

Dalam pelaksanaan program Mudik Bareng BUMN 2019, Jasa Marga memberangkatkan 24 bus dengan total pemudik lebih dari 900 orang dengan tujuan akhir enam kota di Pulau Jawa, seperti Surakarta, Jogjakarta, Magelang, Semarang, Purbalingga, dan Purwokerto.

Selain memberangkatkan pemudik dengan bus, tahun ini Jasa Marga juga bersinergi dengan PT ASDP memberangkatkan lebih dari 1.700 pemudik sepeda motor dengan menggunakan kapal eksekutif untuk menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni.

Program yang digelar Jasa Marga dengan dua jenis moda transportasi ini merupakan bentuk implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri serta memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin merayakan hari raya bersama keluarga dengan lebih mudah.

Meski tidak berbiaya, Jasa Marga memastikan bahwa sisi keamanan perjalanan ditunjang oleh pemeriksaan pengemudi melalui tes urine untuk memastikan bahwa pengemudi dalam kondisi prima dan tidak dalam pengaruh narkoba. Selain itu Jasa Marga juga memberikan kaos seragam khusus peserta serta perbekalan makanan selama perjalanan.

Kegiatan mudik gratis ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan untuk para karyawan dan keluarga karyawan, serta masyarakat sekitar jalan tol yang telah berkontribusi dalam menunjang proses bisnis perusahaan.

Baca juga: Sedikitnya 40 ribu kendaraan pemudik lewati Tol Trans Jawa di Jatim
Baca juga: Jasa Marga catat 129.309 kendaraan telah tinggalkan Jakarta

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019